Tips Cepat Lulus Dan Meraih Gelar

 

1. Disiplin

Tanamkan dalam diri sobat kampus untuk selalu disiplin dalam segala hal yang anda lakukan. Ingat bahwa kalian belajar bukan untuk main-main. Usahakan selalu fokus denga prinsip lulus dan memperoleh gelar semisal sarjana, magister, atau doctor. Pegaqng kuat prinsip sobat kampus untuk bisa lulus 4 tahun atau tepat waktu, kalau gak nanti malu.

2 . Deadline

Tepati tenggat waktu setiap satu semester. Wajib dipatuhi dan dikerjakan. Kalau perlu tulis semua kegiatan sehari-hari kamu. Baik itu saat di kost atau di rumah. Sempatkan sempatkan juga refresing sekadarnya. Jangan juga terlalu memporsir waktu untuk terus belajar dan belajar, karena akan membuat sobat kampus jenuh dan semangat lulus malah makin down.

3. Buang Rasa Malas

Sifat ini memang tak pernah ada obatnya. Bahkan telah menjadi musuh terbesar semua manusia dari jaman pra sejarah hingga modern seperti serkarang. Rasa malas, tidak mood, dan isitilah lain sebagainya perlu ditinggalkan dan dihindarkan. Kalau perlu buat pasukan dalam diri untuk melawan rasa malas tersebut. Kuatkan iman, tekadkan hati dan beri sugeti terhadap diri sendiri bahwa kamu bisa rajin lebih dari orang lain. Tak ada obat yang lebih ampuh selain memotivasi diri sendiri.

4. Hindari Kuliah Sambil Kerja

Bekerja memang bagus. Bahkan tak ada yang melarang. Sebagian pendapat bahwa bekerja sambil kuliah malah lebih bagus agar kita lebih mandiri dan tidak tergantung dengan orang tua yang memeberik ongkos atau keluarga. Namun sebagian dari evaluasi studi kasus para peneliti, sekitar 50 persen mahasiswa yang sambil bekerja membutuhkan waktu yang lama dalam memeperolej gelar sarjana atau keatasnyal. Bekerja disarankan, asal jangan sampai mengganggu waktu kuliah sobat kampus sekalian. Karena perlu diingat, tugas pertama kamu adalah kuliah menuntut ilmu. Persoalan bekerja itu nanti, menyusul.

5. Perluas Wawasan

Bisa apa saja. Dari membaca, ikut seminar, bahkan bepergian ke suatu tempat. Dan sering-seringlah juga membaca buku-buku motivasi yang membangkitakan gairah kita dalam menyelesaikan studi di kampus. Memotivasi diri sendiri untuk memompa semangat dan meminimalisir kemalasan. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya

6. Jangan Terlalu Memikirkan Pasangan

Untuk kaum lelaki, hindari pikiran yang berfokus kepada wanita. Begitu pula sebaliknya. Sebagian besar hal ini lah yang paling sering membuat kuliah sobat kampus terganggu. Jadikan perasaan tertarik terhadap lawan jenis itu sebagai semangat untuk cepat lulus dan meniti karier di hari depan. Sebuah penelitian menyebutkan, orang-orang menunda hubungan seks dalam hal ini pernikahan tetapi cenderung mementingkan pendidikan dan karirnya akan lebih sukses dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Nah, hal ini tentu berlaku dalam kehidupan masa panjang sobat kampus.

4. Serius Fokus

Kerjakan skripsi dengan serius dan carilah daftar pustaka sebanyak mungkin semampu kalian. Karian kajian yang luas bisa menjadi nilai plus bagi sobat kampus Saat mengerjakan skripsi, tesis, dan tugas akhir lainnya.

5. Berusaha dan Berdoa

Sembari berharap banyak-banyaklah berusaha dengan gigih. Dan jangan lupa juga selalu berdoa. Semoga sobat kampus semua tidak terlambat menjadi sarjana dan lulus memperoleh gelar serta meniti karier sesuai gelar yang diinginkan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s