Jalan trikora terkendala status

Jalan Trikora Terkendala Statusnya
Jalan Trikora Terkendala Statusnya

Beberapa waktu yang lalu, carut marut persolan status Jalan Trikora belum juga membuahkan hasil. Malahan hingga sekarang di awal tahun 2012. Padahal, untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi di sepanjang Jalan A Yani, jalan trikora kerap kali dijadikan sebagai alternatif mengatasi masalah kemacetan. Nah, menanggapi hal ini, Kepala Bidang Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Yurlani mengungkapkan, pihaknya berencana untuk memproteksi beberapa angkutan barang dan angkutan umum agar jangan sampai masuk ke Jalan A Yani.  “Karena hal itu sangat berotensi terhadap kemacetan. Maka akan kami arahkan beberapa angkutan ke Jalan Trikora,” katanya.

Meski demikian, Yurlani beserta tim mengaku belum bisa merealisasikan masterplan tersebut dikarenakan status Jalan Trikora yang belum jelas. “Jangankan untuk proyeksi pemeliharaan, untuk perbaikan saja belum terlaksana sepenuhnya. Sebab terkendala status yang saat ini belum jelas. Apakah jalan provinsi, atau jalan kota,” bebernya.

Dalam hal ini, menurut Yurlani, Dinas Perhubungan sangat berkepentingan. Karena, tambahnya, terkait telah brfungsinya terminal Simpang Empat Banjarbaru. “Sama seperti peletakan rambu-rambu. Tidak bisa terealisasi kalau belum ada keuputusan dari provinsi,” paparnya. “Banyak sektor-sektor yang berkepentingan dengan Jalan Trikora. Karena menopang pergerakan-pergerakan ekonomi dan termasuk sektor perhubungan,” ucapnya lagi.

Dengan ketidak jelasan status Trikora itu, akhirnya Yurlani membenarkan bahwa manajemen rekayasa lalu lintas terhambat. “Kita menginginkan kebijakan Kota Banjarbaru yang tertib berlalu-lintas. Karena Jalan A Yani sudah overload alias melebihi kapasitas. Tentu dengan status jalan Trikora yang jelas, kebijakan strategi program yang terkendala bisa direalisasikan perlahan,” harapnya.

Demikian pula yang pernah disampaikan kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Banjarbaru Jaya Kreshna beberapa waktu lalu. Hingga sekarang, pihaknya masih menunggu kepastian dari provinsi. “Semoga diputuskan kalau memang jalan provinsi, maka suatu kemudahan. Apabila jalan kota, maka menjadi pekerjaan PU untuk perbaikan dan pemeliharaan,” pungkasnya. []

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s