Peringatan Untuk Semua Kepala Dinas

Gedung DPRD Kota Banjarbaru
Gedung DPRD Kota Banjarbaru

Sebagai Kota yang perkembangannnya serta pembangunannya kian melaju, Kota Banjarbaru diharapkan mempunyai laporan-laporan mengenai pertanggung jawaban setiap SKPD secara signifikan. Hal ini menjadi peringatan kepada seluruh kepala dinas di Pemkot Banjarbaru. Sekretaris Daerah Dr Syahriani Syahran mengimbau kepada seluruh kepala dinas agar segera melaporkan keuangan kegiatan SKPD-nya masing-masing sebelum tanggal 16 Desember. Itu karena penyerapan dana kegiatan secara keseluruhan masih dibawah standar. “Segera laporkan surat pertanggung jawaban (SPJ) kegiatan kepada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD),” ucapnya.

Menurutnya, penyerapan dana saat ini baru mencapai sekitar 71,5 persen. “Artinya, kinerja kepala dinas atau pimpinan SKPD yang masuk belum mencapai target yang ditentukan alias kurang maksimal,” katanya. “Paling tidak, 25 Desember sudah dilaporkan penggunaan anggran APBD murni. Diatas tanggal tersebut resikonya sisa dana yang masih ada tidak dibayarkan,” tegasnya. Titah yang demikian dikarenakan pihak keuangan harus melaporkan neraca keuangan kepada pusat tanggal 27 Desember.

Sementara itu, Kepala DPPKAD Kota Banjarbaru Thalmi Hasani saat dihubungi mengatakan, pelaporan untuk tanggal 16 adalah bagi SKPD yang mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat. Pada tanggal itu, SKPD-nya harus sudah melaporkan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) untuk dibuatkan  Surat Perintah Membayar (SPM). “Terakhir pencairan dana pihak pusat 25 Desember 2011. Untuk itu dinas harus segera meyelesaikan laporan paling lambat tanggal 16 Desember untuk dana DAK. Kalau tak ada aral melintang, maka terakhir pembayaran dana sisa anggaran pada 27 Desember 2011,” jelasnya.

Disisi lain, Kepala badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Rustam Effendi saat dikonfirmasi mengaku tak ada kendala terkait dengan pembatasan waktu pelaporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tersebut. Karena, tambah Rustam, pihaknya sudah melakukan rekap dana kegiatan dan tinggal melaporkan saja. “Pada prinsipnya sudah siap dan tidak mempermasalahkan batas yang ditentukan pihak keuangan. Tinggal menyelesaikan sedikit saja. Siap laporkan data keuangan sebelum tanggal maksimal yang ditentukan,” pungkasnya. []

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s