Kisah Penjahit Sepatu (Bagian 2) Sehari, Bisa Saja Tidak Ada Sama Sekali

Husaini, Penjahit Sol Sepatu
Husaini, Penjahit Sol Sepatu

Setiap harinya, tak menentu rejeki yang didapat. Terkadang 10 ribu, atau tidak sama sekali. Demi menafkahi keluarga. Profesi ini lah yang menurut mereka paling enjoy untuk dijalani. Dan sudah hampir berpuluh-puluh tahun.

Mengenai pendaptan, Adi mengaku tidak menentu. Dalam sehari, paling banyak bisa sampai 50 ribuan. Kata Husaini, bisa juga paling sedikit 18 ribu, atau tidak ada sama sekali. Sedangkan untuk sepatu yang diantarakan. Selalu menumpuk untuk dikerjakan. “Sepuluh pasang sepatu/sandal, itu sudah lumayan banyak. Pendapatan sehari minimal 10 ribu paling banyak sekitar 50 ribuan. Tergantung musiman,” tutur Husaini.

Kadang mereka berdua sangat menyayangkan kalau ada dari pengantar sepatu yang sudah tak layak untuk diperbaiki. “Masih juga dipaksa-paksa untuk dijahit. Padahal sudah tak layak. Hancur benar. Kasihan kitanya mau jahit darimana,” ucap Adi. Biasanya, pelanggan mengaku sayang dengan jenis bahan sepatu/sandalnya. “Masih bagus dan asli. Padahal beli baru tidak seberapa selisih harga dengan upah memperbaikunya,” aku mereka penjahit sepatu.

Di sampung itu, ada pula yang keras hati menaruh sandal/sepatunya disini. “Mengakunya menaruh disni. Sudah perang mulut, Padahal menaruh di sebelah. Tapi, kita sabar saja menghadapi orang-orang sperti itu,” paparnya. Padahal, tambah Adi, lokasi menjual jasa menjahit sandal/sepatu tidak berpindah-pindah. “Gimana juga mau berpndah-pindah yang lain juga punya tempat sendiri. Masing-masing sudah punya lokasi yang baik dan nyaman,” bebernya.

Lalu, apakah mereka tidak taku diusir oleh aparat untuk ditertibkan. “Palingan sewaktu penilaian Adipura. Biasanya selama 2 sampai tiga hari saja. Kita dilarang buka stand sol sepatu disini. Tiap tahunnya sih begitu,” pungkasnya.[]

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s