Semarak Maulid Habsyi Martapura

Teriak histeris menghiasi para penyair dan penabuh terbang di Gedung Juang Martapura setelah mendengar nama grupnya disebutkan sebagai peraih juara pada acara penutupan Semarak Maulid Habsyi Partai Golkar Kabuten Banjar, Rabu, (8/2) di Gedung Juang Kabupaten Banjar.

Ratusan masyarakat Martapura ramai memadati halaman Gedung Juang untuk mennyaksikan pengumuman pemenang bagi grup Maulid Habsyi Golkar. Akhirnya, setelah melewati seleksi dan persaingan yang cukup ketat, dua grup Maulid Habsyi asal Kabupaten Banjar telah meraih gelar juara 1 pada masing-masing kategori. Kedunya berhak melaju ke Grand Final Semarak Maulid Habsyi Partai Golkar tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Dua grup tersebut yaitu Al Husna Martapura yang menyebat sebagai juara 1 Putra dan Ar-Raudah sebagai juara 1 putri. Mujib (20) pimpinan grup Al-Husna dari Kelurahan keraton Kab Banjar mengaku tidak menyangka nerhasil menjadi juara pertama kategori putra. “Tentunya sangat bersyukur. Serta kami akan terus meningkatkan kekompakan dan latihan agar bisa juara di tingkat provinsi,” tuturnya kepada penulis, (8/2) kemarin malam.

Di samping itu, pimpinan grup Ar-Raudah yang meraih juara pertama kategori putri, Raudatul Jannah, mengaku senang sekali atas terpilihnya grupnya lolos ke tingkat provins. “Alhamdulillah, semoga bisa mewakili Kabupaten Banjar juara di tingkat Provinsi,” jawabnya singkat.

Wakil Ketua Bidang Keagamaan DPD Partai Golkar Kalsel Gusti Gusti Abdurrachman mengatakan, Gelaran Lomba Semarak Maulid Habsyi partai Golkar kaliu ini sangat direspon oleh masyrakat. “Anatusias masyarakat sangat luar biasa. Tentu hal ini menjadi nilai plus yang lebih baik daru tahun sebelumnya. Apalagi, semarak lomba ini merupakan gelaran rutin tahunan partai Golkar,” tuturnya ketika diwawancarai.

Di tambah lagi, Ujar pria yang akrab disapa Antung Aman ini, grup yang bertanding merupakan pilihan. Karena mereka sudah melewati seleksi tingkat Kecamatan. “Tentunya mereka yang maju ini adalah grup-grup pilihan yang sudah lolos di tingkat kecamatan.

Dikatakannya, para juri sendiri mempunyai tolak ukur dalam menilai. “Selain vocal, kefasihan dalam membahasakan arabiah, irama musik grup, harmonisasi, dan kekompakan, dari segi busana yang dikenakan juga menjadi nilai tambah. “Busana yang digunakan dalam lomba itu menjadi perhitungan dalam penilaian. Terutama busana yang dipakai harus rapi dan sopan. Apalagi kabupaten banjar terkenal dengan sebutan serambu mekkah, tentu hal yang mendetail demikikan sangant diperhatikan. Karena pakaian itu sesuai dengan kepribadian si pemakai,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada para pemenang nantinya agar bisa memanfaatkan waktu yang dua bulan menjelang grand grand final. “Bagi yang tidak menang tidak perlu berkecil hati. Tahun depan insya Allah akan kita gelar kembali,” akunnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Pelaksanan Lomba Semarak Maulid Habsyi Tingkat Kabupaten Banjar Noryadi mengharpakan, tim Kabupaten Banjar nantinya yang akan menjadi juara pertama di tingkat Provinsi. “Tiap grup pasatilah ada kelemahan dan kekurangannya. Namun saya berharap kepada grup Ar-Raudah dan Al Husna agar terus berlatih dan meningkatkan keratifitas mereka agar meraih gelar juara pertama di tingklat provinsi,” harapnya. Disinggung mengenai kendala, ia mengaku kendalanya hanyalah, karena lomba ini digelar berbarengan dengan bulan maulid. “Jadi kebanyakan dari para peserta sudah dikontrak untuk mengisi acara-acara maulid di berbagai penjuru kota. Namun secara keseluruhan, acara terbilang sukses,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banjar H Rusli mengatakan, selain trophy dan uang pembinaan kepada para pemenang. Partai golkar juga memeberikan tali asih kepada grup yang tidak menang tetapi menjadi grup terfavorit. “Agar mereka juga merasa diperhatikan. Tali asih berjumlah 400 ribu kepada 1 grup yang terpilih pada masing-masing kategori. Semoga kedpannya lebih baik dan kita selalu mendukung mereka ditingkat provinsi nantinya,”pungkasnya.

Perauih Gelar Juara tingkat Kabupaten Banjar

PUTRA

Juara I    : Al Husna

Juara II   : Al Mustafa

Juara III  : Raudah Syarif

Harapan I  : As Suada

Harapan II : Al Aqsha

PUTRI

Juara I    : Ar-Raudah

Juara II   : Duratun Nisa

Juara III  : Darul Muttaqin

Harapan I : Miftahul Jannah

Harapan II : Arraudah


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s