Rindam VI MLN Gelar Lomba Kicau Burung se-Kalimantan

Seorang pemilik burung begitu antusias memberikan semangat kepada burungnya yang sedang berlomba
Seorang pemilik burung begitu antusias memberikan semangat kepada burungnya yang sedang berlomba

Dalam rangkaian HUR Rindam VI Mulawarman ke -48, kali ini Rindam mengadakan Lomba dan Pameran Burung Berkicau tingkat regional Kalimantan. Sekirat 800 ekor burung mengikuti perlombaan ini dari 4 penjuru Kalimantan seperti Kalsel, Kalteng, Kaltim, dan Kalteng. Lomba ini dibuka langsung oleh Komandan Resimen Induk Danrim VVI Mulawarman Kolonel Infanteri Oerip Soekotjo. “Kita menginginkan agar lomba seperti perlu terus dilestarikan pada masa yang akan datang karena burung-burung terbaik ini merupakan kekayaan alam Indonesia yang mungkin tidak ada di Negara-negara lain,” ujarnya ketika memberikan sambuta di lapangan tembak Rindam VI Mulawarman Jalan A Yani Km 26, Minggu, (12/2) kemarin.

Meski rinai hujan terus membasahi lapangan, namun tak mengurungkan niat para peserta Kicau Mania untuk memberikan semangat kepada burung-burung andalan mereka agar selalu berkicau nyaring dengan teriakan dan tunjukkan ketika juri sedang menilai. Koordinator Pelaksana Isman mengatakan, penilaian dinilai secara professional dengan juri yang berpengalaman. “ Kita selalu berusaha menjunjung sportifitas tinggi dalam berlomba. Oleh sebab itulah, juri-juri yang kita datangkan tidak dari Kalimantan saja. Tetapi juga dari pulau Jawa,” tuturnya kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com.

Ketua Panitia Pelaksana Sigit Sapto Nugroho menjelaskan, maksud dan tujuan digelarnya lomba ini tak lain untuk mempererat talisilaturahmi antar masyyarakat dengan pihak TNI. “Selain melestarikan burung-burung terbaik ini juga, kita berharap juga perlombaan ini bisa memupuk komunikasi yang renyah antar masyarakat umum dan tentara. Dan bisa menjadi agenda tahunan Rindam,” jelasnya.

Dikatakan Sigit, lomba tersebut dibagi dari sekitar 10 jenis burung dengan 24 kelas. Diantaranya jenisnya: Kacer, Murai, C hijau, Love Bird, C Jenggot, Kenari, Punai Merah, Cendet, Campuran Lokal dan Cucak Rowo. Dengan 4 kelas yaitu: kelas Mulawarman dengan hadiah utama total 2 juta, kelas Rindam 1 juta, Kelas Perwira, 700 ribu, dan kelas Berlian 500 ribu. “Dengan terselenggaranya lomba ini pula, sekaligus deklarasi Berlian BC sebagai club penggemar burung yang menaungi wilayah Martapura dan Banjarbaru. Semoga saja, lomba ini akan di adakan lagi di tahun depan menjadi agenda tahunan Rindam VI Mulawarman,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s