LPM Sukma IAIN Antasari

Sejak Reformasi 1998

Demi mewujudkan keterampilan dalam ranah jurnalistik, Sekumpulan mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin mendirikan UKM yang bertajuk Lembaga Pers Mahasiswa Suara Kritis Mahasiswa (LPM SUKMA) pada tanggal 24 Mei 1998. Artinya, LPM ini telah berkoar dan Berjaya di kampus IAIN Antasari Banjarmasin selama 12 tahun. Muhayat Akbar merupakan pendiri dan pimpinan umum pada periode utama. “Kita menginginkan suatu perubahan positif dengan karya yang disadurkan dalam bentuk majalah, tabloid, buletin dan mading kampus,” tuturnya pada suatu kesempatan.

Sekian tahun berjalan, para anggota LPM Sukma telah melahirkan berbagai macam Wacana, opini, artikel, berita dan tulisan lainnya. Hal ini terus dikembangakan tiap generasi agar skill tiap individual bisa menulis dengan baik dan benar. “Namun tidak dapat dipungkiri, kemampuan dalam penulisan masing-masing crew berbeda. Setidaknya ada proses pembelajaran. Oleh sebab itu lah, LPM SUKMA  telah memiliki beberapa agenda wajib tahunan seperti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Workshop Jurnalistik Mahasiswa (WJM), Diskusi Internal Sukma (DIS), Kajian Wartawan Sukma (KWS) dan pelatihan kejurnalistikan lainnya,” jelas Akbar.

Slah seorang anggota LPM Sukma Fajriah menuturkan, event terbesar LPM Sukma adalah Seminar dan Diklat Jurnalistik Kampus Se-Indonesia yang diselenggarakan pada tahun 2002 lalu. “Kami mencoba mencari benang merah dari rumitnya suatu masalah lalu mengungkap kebenaran tanpa adanya kebohongan. Over all, selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk kemajuan kampus hijau IAIN Antasari Banjarmasin. Semoga kedepan, LPM Sukma terus berkembang dan mencetak generasi jurnalistik yang mumpuni” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s