985 Atlet Pebulutangkis Nasional Bertanding

Dibuka Resmi Oleh Rudy Resnawan

 Sebanyak 985 atlet dari 87 klub bulu tangkis se-Indonesia mengikuti kejuaraan bulu tangkis Djarum Sirkuit Nasional Kalimantan Open 20-25 di GOR Rudy Resnawan. Ketua panitia pelaksana Ahmadi Arsyad menuturkan, setidaknya ada 895 partai pertandingan sebagai arena kompetisi bagi atlet nasional dan daerah mengukur prestasinya disini. “Kejuaraan ini untuk pembinaan dan pelatihan bagi atlet muda hingga mereka bisa mengikuti ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” tuturnya kepada sejumlah wartawan, Minggu, (19/2) kemarin malam.

Pertandingan dilaksanakan tanggal 20-25 Februari 2012 bertempat di GOR Rudy Resnawan jalan trikora Banjarbaru. Kejuaraan Nasional ini mendatangkan beberapa pelatnas PBSI, pemain asing atau luar negeri, Pusdiklat, pelatprov, dan beberapa club serta pebulu tangkis yang tersebar di seluruh penjuru Kalimantan selatan. Diantara kelompok yang dipertandingkan yaitu pemula, remaja, taruna, dan dewasa. Dengan memperebutkan total hadiah 260 juta.

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor mengatakan, kejuaraan ini salah satu yang terbesar. “Kita patut bahagia dan berbangga menjadi tuan rumah. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada PBSI yang mempercayakan Banjarbaru sebagai tuan rumah. Kita berusaha agar bisa melayani para atlet dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara Marsekal Madya I Gusti Made Oka, Wakil Ketua Umum PB PBSI mengatakan, sirkuit nasional dilaksanakan di 5 daerah. “Salah satu yang ada diluar daerah, ya, Kalsel. Tepatnya di Kota Banjarbaru,” katanya. Ia juga membeberkan program PBSI untuk penyelenggaran itu ada 5 daerah di Pulau Jawa dan 5 daerah diluar Jawa. “Yaitu Sumsel, Jambi, Bali, Kalsel dan Sulsel. Kali ini, Kalsel merupakan daerah kedua sebagai tuan rumah,” jelasnya.

Suasana ketika menikmati hidangan makan malam pada pembukaan Sirnas Djarum Sirkuit di Gedung Bina Satria Banjarbaru
Suasana ketika menikmati hidangan makan malam pada pembukaan Sirnas Djarum Sirkuit di Gedung Bina Satria Banjarbaru

Dibandingkan Kaltim, Kalsel lebih layak

Lalu, kenapa PBSI harus memilih Kalsel sebagai tuan rumah? Dikatakannya, usulan pengurus PBSI Pemprov Kalsel mengajukan tampil di Kalsel. “Lalu kita melihat kondisi gedungnya. Apakah memenuhi syarat. Karena yang menusulkan itu ada dua daerah yaitu Kasel dan Kaltim. Karena setelah dibandingkan antara keduanya, ternyata Gedung yang ada di Kalsesl lebih layak dan memenuhi syarat. Maka dari itu, kita pilih di Banjarbaru ini,” paparnya.

Di samping itu, Ketua Pengprov PBSI Kalsel Anton Gunadi menungkapkan begitu berkeinginan memacu atlet Kalsel untuk berusaha menggelar kejuaraan nasional ini di Kalsel. “Tujuannya tak lain supaya atlet kita bisa melihat dan bisa jadi atlet nasional. Peluangnya kita berdoa saja karena tidak ada target. Yang penting atletnya semangat dan bisa belajar dari atlet-atlet tingkat nasional dan Internasional berhara bisa lebih maju lagi,” Harap Anton.

Kalsel Segera Bangun Sport Center

Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan menerangkan, Kota Banjarbaru sebagai daerah otonom yang berusia 12 tahun. “Makanya GOR sebagai tempat pertandingan ini masih banyak yang perlu kita benahi karena masih banyak lahan-lahan yang kosong. Namun di samping itu, gedung ini menjadi wadah mengasah kemampuan bertanding adik-adik disini,” ungkapnya.

Dikatakan Rudy, ia beserta pemprov tentunya sangat apresiasi memberikan dukungan kepada kegiatan yang berdampak positif baik skala nasional maupun internasional. “Kita menyadari penyelenggaraan kejuaran skala nasional masih relatif kurang di Kalsel. Tentunya kita bersyukur PB PBSI memberikan kesempatan kepada Kalsel dan Banjarbaru khsusunya untuk menjadi tuan rumah,” kata Rudy.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tantangan bagi Kalsel selaku penyedia sarana yang serba terbatas dan pas-pasan. “Namun demikian, Insya Allah kita keinginan para atlet akan kita penuhi. Sebab, Pemrov akan membangun sport center,” terangnya. Ia mengatakan kalau lahan untuk membangun sport centre yang telah tersedia dari pemprov kurang lebih 250-300 hektar. “Ini sebagai program prestisius wadah pembinaan atlet kita. Kalau tak ada aral melintang dan dapat persetujuan dari DPRD, Insya Allah Sport Center akan mulai dikerjakan 2013 mendatang. Karena saat ini sudah tahap persiapan,” pungkasnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s