Berbagi Ceria di TK Idaman

Instruktur Senam
Instruktur Senam

Sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

“Satu… dua… tiga… goyang pinggulnya,” Ujar intstruksi senam. Pagi itu tampak puluhan anak-anak sedang asyik senam beserta dewan gurunya. Mereka adalah murid-murid TK RSBI Idaman Kota Banjarbaru. Senam  sebagai program olahraga rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat di TK ini. Wajah-wajah yang lucu dan menggemaskan tampak di antara mereka dengan gaya yang polos dan begitu menarik perhatian.

Sekitar tahun 2008 TK Idaman telah resmi statusnya sebagai Rintisan sekolah bertaraf internasional. Dalam empat tahun ini, jumlah murid TK Idaman seluruhnya berjumlah 112 anak murid. Diantara mereka juga banyak yang datang dari luar daerah Kalsel lho! Ada yang dari Jakarta, Bandung, dan Malang. “Itu karena orang tuanya sedang pindah tugas atau mengikuti pekerjaan lainnya di Banjarbaru,” Sahut slah satu guru di TK Idaman Lita Antoni Ss Spd.

Guru yang akrab disapa Lita ini mengatakan, sebagai sarjana sastra inggris, sesekali anak-anak didiknya diajarkan untuk mengarang atau membuat puisi. Diperkenalkan juga sedikit percakapan dengan tiga bahasa yaitu Inggris, Arab, Indonesia. Diatakannya, ia sempat miris hati juga melihat ungkapan anak-anak ketika ditannya cita-citanya. “Biasanya merke menyahut ingin jadi dokter, pilot, dan lain-lain. Nah, materi berikutnya kita ingi memperkenalkan profesi seorang yang bejerja sebagai jurnalis atau wartawan. Tentang proses mencari berita sampai menyebarkan. Agar profesi sebagai wartawan itu mereka kenal dan bisa dijadikan sebgai cita-cita” kata Lita.

Lucu rambutnya ya
Lucu rambutnya ya

Kenalkan teknologi Sejak Dini

Sebgai rintisan sekolah yang bertaraf internasional, TK idaman tentu memmpunyai meteri dan media pembelajaran yang berbeda dari TK lainnya di Banjarbaru. Salah satu Dewan Guru TK Idamam Lita menjelaskan, kelas di TK Idaman di bagi dua. “Yang paling kecil itu kelas Playgroup untuk kelas bermain anak umur 2-4 tahunan. Sedangkan yang kedua namanya Kelompok B. Nah, dikelas ini kita perkenalkan berbagai macam materi dan metode pembelajaran yang sarat akan teknologi bagi anak-anak yang berumur 5 tahun keatas,” terangnya.

Di TK Idaman, kerjasama antara orang tua murid dengan dewan guru sangat dijalin agar bisa saling membantu dalam proses pembimbingan anak-anak. “Pada awalnya, anak-anak itu memulai lingkungan yang baru. Nah, kita membantu proses pengelan mereka dengan lingkunan sekitar yang berdampak positif bagi kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotoriknya,” tutur guru yang akrab disapa Lita ini.

Sementara itu, kepala sekolah TK RSBI Idaman Dra Hj Yula Mawarni Mpd mengungkapkan dengan adanya TK Idaman ini diharapkan anak-anak lebih bisa mengenal juga teknologi informasi sejak awal agar nantinya beranjak remaja hingga dewasa tak ada kata sulit bagi mereka mengikuti perkembangan zaman dan teknologinya. “Kita sudah perkenalkan pembelajaran dengan metode audia visual seperti pengajaran memakai layar lcd dan juga proyektor serta media lain,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s