Kota Banjarbaru Ramai Kunjungan DPRD

Melakukan kunjungan kerja atau study banding bagi wakil rakyat tentu suatu hal yang sangat lumrah di masyarakat. Namun kali ini, Kota Banjarbaru justru menjadi Kota yang dijadikan dalam agenda kunjungan kerja anggota DPRD di luar daerah Kalsel. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Banjarbaru Arie Sophian. Dikatakannya,  dari sudut pandang psikologi tentu menjadi suatu kebanggan bagi Kota Banjarbaru sendiri. “Kalau materi yang mereka cari disini macam-macam. Itu juga karena karena berdasarkan rekomendasi dari menteri dalam negeri. Bukan suatu kebetulan,” ujarnya kepada penulis, Kamis, (8/3) kemarin.

Setidaknya dijelaskan Arie, dalam kurun waktu 2 bulan belakangan, Kunjungan yang dilakukan anggota DPRD di luar Kalsel ada sekitar 15 Kunjungan. “Diantaranya itu ada DPRD Sidoarjo, DRPD Surakarta, dan yang terakhir hari ini tadi, DPRD Batu Malang dan Sragen,” ujarnya. Lalu, apa yang mereka cari di Banjarbaru? Dijawab Arie yang pertama-tama ditinjau mereka soal Kinerja Dewan secara keseluruhan. “Artinya, penataan dan kinerja dewan kita dinilai bagus. Maka hal tersebut dijadikan contoh dan sebagai ilmu juga unutuk implementasi mereka di daerah masing-masing,” katanya.

Di samping itu, tambah Arie, mereka juga mencari tahu system efektif Badan Musyawarah di Kota Banjarbaru. “Nah, kalau DPRD Surakarta itu meninjau soal penyertaan modal PDAM. Pokoknya rata-rata yang di studikan itu masalah kinerja para anggota DPRD kita,” terangnnya. Menurut perhitungan, dalam satu bulan saja ada sekitar 2-5 kali kunjungan. “Terhitung sejak awal Januari lalu, kita sudah menerima kunjungan sekitar 15 kali dari berbagai daerah di Indonesia,” paparnya.

Dijelaskan Arie, studi banding ke daerah-daerah Indonesia itu bertujuan untuk mencari tahu lebih banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan dinamika dan system kerja DPRD. “Materinya pun bermacam-macam. Diantaranya tentang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan hubungan pemerintah kota dengan DPRD kota. Intinya mereka ingin menimba ilmu,” terang Arie.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s