Pasukan Kuning Mogok Kerja

Dua orang warga yang terlihat membuang sampah diluar trailer sampah
Dua orang warga yang terlihat membuang sampah diluar trailer sampah

Lantaran Dana Lembur dan Solar Tak Dibayarkan

Jika belakangan ini sempat heboh soal ancaman mogok kerjanya para dokter dan perawaat RSUD Banjarbaru, kali ini, kabar itu datang lagi. Para pengangkut sampah dan sopir aramada sampah sudah melakukan mogok kerja per tanggal (6/3) 2012, Selasa lalu. Menurut keterangan salah satu pekerja angkutan sampah, Totok, (bukan nama sebenarnya, red), terdapat dua kategori dana jatah para pengangkut yang belum diserahkan alias tidak dibayarkan. Yaitu, dana lembur diluar jam kerja dan uang solar alias dana BBM untuk sarana transportasi armada sampah serta mobil pengangkut sampah jenis bobcat. “Kita sudah mengkalkulasikan dana lembur tersebut. Dana lembur yaitu dana yang dibayarkan jika kita bekerja diluar jam kerja telah 9 bulan tidak dibayarkan terhitung sejak Juni 2011. Ditambah lagi yang terpenting, kita harus rogoh kocek uang pribadi guna membeli solar truk armada dan transportasi lainnya lantaran tidak diberikan dalam 3 bulan belakangan,” ujarnya menjelaskan kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com, Kamis, (8/3) kemarin.

Dua orang warga yang terlihat membuang sampah diluar trailer sampah
Dua orang warga yang terlihat membuang sampah diluar trailer sampah

Disebutkannya, dana lembur dalam sebulannya berjumlah sekitar 400 ribu sampai 600 ribuan. Tergantung job sampah yang ditangani sebagian pekerja. “Misalnya, kita disuruh berkerja diluar jam kerja, maka akan dapat jatah dana lembur tersebut sesuai kadar kerjaan yang kita tangani. Sebagai uang lelah dan bermodal tenaga, ya, kita butuh itu,” katanya. Namun  lebih parahnya lagi, para sopir truk armada sampah dan angkutan lainnya harus merogoh kocek uang pribadi guna memenuhi kebutuhan BBM truk angkutan. “Kalau soal ngisi solar, itu duit sendiri. Karena memang belum ada pemasukan dari pihak yang berwewenang di Dinas Kebersihan dan Tata Ruang (Disbertarung),” kilahnya.

Dana transportasi tersebut tidak dibayarkan sejak 3 bulan belakangan. Menyikapai permasalahan tersebut para pekerja, sopir angkutan sampah, dan pengankut lainnnya sepakat untuk mogok kerja dengan harapan pihak Disebertarung memberikan respon terhadap keluhan mereka. “Ya, wajar dong, Mas. Kita menuntuk hak kita sebagai pekerja di lapangan,” Sahut seorang pekerja. Dan kemarin, Kamis, (8/3) seluruh pekerja pengangkutan sampah dipanggil untuk menggelar pertemuan di Disebertarung dalam ruang Kadis Kebersihan untuk mengklarifikasikan masalah tersebut. Kepala Bidang Kebersihan Hidayaturrahman menjelaskan, hingga kemarin sore, Rabu, (7/3) pihaknya masih mencari pinjaman uang untuk membayarkan dana tesebut. “Kita tidak ingin kawan-kawan mogok bekerja. Karena sudah dua hari kawan-kawan tidak melakukan pengankutan.” Ujarnya ketika dalam forum.

Sejumlah transportasi pengankutan sampah tak difungsikan
Sejumlah transportasi pengankutan sampah tak difungsikan

Kondisi seperti itu, tambahnya, akan di upayakan. “Kita juga sedang mencari pinjaman untuk menutupi kekurangan dana yang sudah terhutang pada satu minggu kebelakang dan untuk membayarkan satu minggu ke depan. Kondisi keuangannya memang seperti ini, mau bagaimana lagi?,” paparnya. Diingatkan Hidayaturrahman, pihaknya tetap menunggu sampai ada jawaban langsung dari pihak yang berwewenang di bidang ini. “Secepatnya diuurus. Tapi kita belum bisa menentukan kapan waktunya. Semoga saja dana itu bisa kita dapatkan dan segera dibayarkan,” jelasnya.

Dikonfirmasi permasalahan tersebut, secara terpisah Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli menjelaskan, anggaran tersebut bukannya tidak ada. “Ada, tapi tidak bisa dicairkan. Hal itu lantaran dari Unit Pelayanan Terpadu (UPT) yang saat ini belum diberikan surat keputusannya. Kalau surat keputusan tidak dikeluarkan, bagaimana bisa mencairkan,” jawabnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s