Zeusagi Library Hadiri Temu TBM Nasional

Dengan tujuan membangun konsilidasi dan kemitraan yang lebih solid, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) menyelenggarakan Temu Forum Taman Bacaan Masyarakat Tingkat Nasional Tahun 2012 di Rumah Jambnu Luwuk Malioboro Jogjakarta pada tanggal 19-22 Maret mendatang. Kegiatan tersebut akan diikuti TBM Pusat dan beberapa Forum TBM Provinsi yang terpilih. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Zeusagi Library Hudan Nur. “Beruntung, dari seluruh Nusantara, Zeusagi Library diundang oleh pusat untuk mewakili Kalsel,” tuturnya, Jumat, (16/3) kemarin.

Diaktakan Hudan, Ia beserta rekan yang lainnya berusaha mengelola dan memberikan kegiatan yang berdampak kebiasaan membaca kepada masyarakat. “Kita ingin mengajak semua lapisan orang untuk ‘melek’ baca. Sejauh ini juga Zeusagi Library telah berkerja sama dengan beberapa inbstansi menyelenggarakan kegiatan yang bersifat peduli dengan anjuran membaca. Semisal, Lomba baca puisi, lomba baca cerpen, diskusi naskah drama dan artistic,” ungkapnya.

Meski demikian, keadaan fisiknya yang tidak memungkinkan untukn berangkat diwakilkan oleh Ketua Harian Pelaksana Ananda Rumi. Dikatakannya, Kegiatan Temu Forum TBM Nasional tersebut nerupakan event besar yang pertama kali. “Memang benar ini yang pertama. Namun, setelah ini mungkin akan jadi agenda rutin pemerintah lewat Kemendikbud,” tuturnya.

Dijelaskannya kembali, dalam kegiatan tersebut akan diarahkan pola sistem teknis dalam membangun paham keliterasian serta nilai moral sebagai transformasi budaya. “Di tahun ini pun, rencananya kita akan adakan beberapa program yang baik secara litereter. Seperti menggalakkan roadshow kampanye baca dan gerakan #Banjarbaru Membaca. Ini semua semata-mata untuk literasi Banjarbaru ‘melek’ baca,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Zeusagi Library yang beralamat di Jalan Bina Putra No 40 Kelurahan Guntung Payung ini mempunyai 1500 koleksi bacaan. Diantara daftar bidanya ada majalah, teologi, sastra, sejarah, sosiologi, antropoligy, dan psikologi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s