Gerakkan Indonesia Membaca

Pengurus Pusat Forum Taman Bacaan Masyarakat telah disusun dan menggiatkan program untuk menggerakkan dunia baca dan tulis. Dalam Temu Forum Taman Bacaan Masyarakat Tahun 2012 ini dihadiri oleh penulis-penulis Nusantara seperti, Penelitian dan pengemabangan. Selaku pembicara dan Dosen di Universitas Gajah Mada Yogyakarta  Dr Ida Fajar Priyanto mengatakan, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sendiri harus mempunyai Gambaran kedepan yang jelas. “Sepeti apa nanti jadinya. Nah, untuk mengarah kesana kita harus memulai dulu dengan apa yang bisa dikerjakan. Semisal, Festival TBM di kabupaten atau di provinsi,” ujarnya ketika memberikan materi, Rabu, (21/3) kemarin.

Menurutnya, sebuah gagasan bisa memberikan dampak budaya membaca untuk membangun literasi berbasis pengetahuan masyarakat. Membaca, literasi dan informasi katanya merupakan faktor penting dalam mengembangkan dan TBM yang menarik dan efektif. “Membaca adalah suatu proses. Dalam tingkat sederhana. Membaca bisa dikarenakan pembiasaan yang telah muncul dari kecil. Karenanya, Terobosan yang baru membangin minat baca sejak dini,” katanya.

Di samping itu pula, Masyarak Indonesia saat ini kecendrungan membaca dibagi dua. Adalah, membaca untuk informasi dan membaca untuk pengetahuan. “Membaca dalam masyarakat kita Indonesia adalah membaca informasi yang terkumpul dalam jumlah banyak. Membaca untuk pengetahuan menjadi hal yang jauh di indonesia. Pembaca koran itu banyak tetapi pembaca buku yang sedikit,” ungkapnya.

Dikatakannya, Sekarang yang banyak muncul di masyarakat adalah bimbingan belajar. Itu lantaran mereka mengejar nilai. Bukan memahami secara konstruktif lebih mendalam tentang bacaan tersebut.

Sementara itu, Pustakawan Indonesia Wien Muldian yang juga mewakili Ketua Forum TBM Indonesia Gola Gong mengharapkan, adanya peran aktif para pengelola TBM di daerah-daerah untuk mengkampanyekan gerakkan membaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s