Pelayanan Pajak Dikeluhkan

Tidak ada petugas di bagian Informasi Kantor Pajak Pratama Kota Banjarbaru
Tidak ada petugas di bagian Informasi Kantor Pajak Pratama Kota Banjarbaru

Membayar pajak memang menjadi kewajiban bagi warga Negara Indonesia. Hal ini ditegaskanKeputusan Menteri Keuangan Nomor 541/KMK.04/2000 tentang Penentuan Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran dan Penyetoran Pajak, Tempat Pembayaran Pajak, Tata Cara Pembayaran, Penyetoran dan Pelaporan Pajak serta Tata Cara Pemberian Angsuran Atau Penundaan Pembayaran Pajak.

Namun apa jadinya ketika warga yang telah rela menyisihkan untuk mengurus berbagai urusan perpajakan namun tidak dilayani dengan sebagaimana mestinya. Hal itu terjadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama kota Banjarbaru yang terletak di Jalan A Yani Km 32. Seperti yang dirasakan Irvina, warga Jalan Mahligai Gg Zidan no 127, km 7 Kertak Hanyar ini mengaku bingung mencari tugas informasi. “Saya ingin membuat NPWP. Tapi bingung mau bertanya kemana. Soalnya tidak ada petugas di bagian informasi. Karena kita belum tau apa saja yang harus disertakan untuk membuat NPWP,” tuturnya kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com, Kamis, (5/4) kemarin.

Dikatakannya, ia sudah mengisi formulir dengan mengisi identitas sesuai KTP. Namun selain itu ia tidak tahu sayarat apa lagi yang harus dilengkapi. “Mau bertanya ke petugas informasi, petugasnya saja tak ada di tempat. Padahal saya jauh-jauh dari pal 7 (baca: Kertak Hanya Km 7, red). Kalau pulang dulu, kan memakan waktu dan BBM buat motor,” keluhnya. Sementara warga lain seorang PNS, Masrufah, mengeluhkan karena tak seorang pun petugas informasi yang bisa ditanyai. Ia bermaksud akan menanyakan proses pembuatan npwp untuk lembaga. “Ya karena gak ada yang jaga, saya ambil sendiri saja. Semoga saja benar. Saya sudah menunggu lama tapi tak ada juga petugas yang datang,” ujarnya.

Sebelumnya Masrufah sudah bertanya kepada satpam. Namun karena satpam juga tau tidak ada yang menjaga di bagian informasi maka satpam pun menyarankan untuk mengambil saja formulir yang ada di rak. “Yam au bagaimana lagi. Mau bertanya petuganya tidak ada. Petugas yang ada hanya pada bagian pembayaran pajak, itu kan lain urusannya,” jelasnya.

Sementara itu, menurut pantauan penulis dilokasi, di bagian informai tertera ketarangan untuk pelayanan buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 wita. Tetapi demikian pada kenyataannya sejak pukul 09.00 hingga pukul 11.30 menunggu, tak ada pun satu petugas yang stand by di tempat semestinya. Menurut sumber yang namanya tak mau di korankan, ia sudah berturu-turut datang ke kantor pajak namun tak pernah melihat petugas informasi yang melayani. “Saya sudah 3 hari berturut-turut ke sini untuk bertanya syarat-syarat pembuatan NPWP pribadi dan organisasi. Namun hingga hari ini hari ketiga, saya nekat masuk ke bagian pelayanan, padahal di sana tertulis “selain karyawan dilarang masuk”. Yang jelas banyak ibu-ibu dan bapa-bapa yang mengeluh dan kebingungan di bagian informasi, tapi sedikit pun tidak ada respon dari petugas dan pegawainya. Entah karena kekurangan karyawan, atau karena apa, saya tidak tahu. Kasian bapak-bapak yang sudah tua-tua itu,” pungkasnya sembari menunjuk ke seorang orang tua yang menunggu petugas informasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s