Banjarbaru Fair Resmi Dibuka

Suguhan tarian Baksa Kembang ketika pembukaan Banjarbaru Fair 2012
Suguhan tarian Baksa Kembang ketika pembukaan Banjarbaru Fair 2012

Dengan tujuan meningkatkan kredibilitas perekonomian Juga visit Kalimantan dan meningkatkan kecintaan bagi produk dalam negri.di Kalsel sekaligus memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-13, Pemerintah Kota Banjarbaru menyelenggarakan Pameran Nasional Banjarbaru Fair 2012 6 s/d 10 April 2012 di Lapangan Murjani. Pembukaan tersebut dihadiri oleh pejabat teras seperti Sekdaprov Kalsel HM Muclis Gafuri yang mewakili Gubernur Kalsel Rudy Arifin, Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor, Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli, Kapolres Banjarbaru AKBP Budi Santoso, serta beberapa unsur muspida lainnya. Kegiatan Banjarbaru Fair secara resmi dibuka Oleh Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor.

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noot dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan tersebut digelar atas kerjasama Pemkot Banjarbaru dengan PT Tiga Warna Promosindo. “Diharapakan kegiatan yang menampilkan produk dan jasa layanan publik, potensi dan peluang investasi, industri perdagangan, pariwisata dan produk unggulan yang dihasilkan oleh pelaku UKM binaan Pemerintah Daerah maupun BUMN mampu menjadi salah satu faktor meningkatkan potensi ekonomi di Banjarbaru,” ujarnya, Jumat, (6/4) kemarin.

Sekdaprov Muchlis Gafuri ketika berkunjung ke stand Jasa Raharja
Sekdaprov Muchlis Gafuri ketika berkunjung ke stand Jasa Raharja

Menurutnya, penyelenggaraan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Kali ini ia berharap dengan omset sebesar 3 Milyar. “Tahun 2011 lalu  hanya berjumlah 82 stand, skuyukurlah di tahun 2012 ini sudah lebih 100 stand. Semoga saja apa yang diharapakan panitia dengn omset 3 Milyar itu bisa terelasisasi dibandingkan tahun lalu yang hanya 1,7 Milyar,” paparnya. Selain itu, ia juga bersyukur bisa mengajak para UMKM kecil dan menengah bisa berpartispasi pada event nasional tersebut. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang dalam hal ini mewakili kehadiran Gubernur Kalsel Rudy Ariffin mengatkan, di Kalsel sekarang sudah ada Lembaga Penjami Kredit daerah. “Nah, itulah nanti yang akan menjadi penjamin modal para UMKM. Tolonglah bagi media bisa mengekspos siapa-siapa saja yang memerlukan agar kita  hisa mengarahakan dananya dengan tepat,” katanya.

Tidak hanya itu, ia mengaku Gubernur Kalsel juga telah  memberi arahan untuk menyiapkan segala prosudernya Sementara itu, menurut Muchlis, Kota Banjarbaru merupakan kota yang paling reverentatif bagi wira usaha. “Banjarbaru selain lebih mudah aksesnya juga kota yang paling ideal dalam berwira usaha. Dan kita perlu kembangkan ini,” tambahnya.

Beberapa pejabat yang berhadir pada pembukaan
Beberapa pejabat yang berhadir pada pembukaan

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Nasional Banjarbaru Fair 2012 Darmawan Jaya menuturkan, kegitan tersebut sebagai suatu upaya peningkatan kualitas produk unggulan daerah agar selalu berkembang terus dan bisa maksimal. “Tetnunya juga berkenaan dengan dipidahnya pusat perkantoran pemerintahan daerah di Kota Banjarbaru yang memacu kredibilats tinggi dalam segi perkembangan pertumbuhan serta infrastruktur lainnya,” ungkapnya.

Selain itu pula, hari ini, Sabtu (7/4) Pemkot akan menanda tangani forum kontak dagang dengan daerah Jawa Timur dan daerah lainnya. Juga visit Kalimantan dan meningkatkan kecintaan bagi produk dalam negri. Dijelaskannnya, moment Pameran Nasional merupakan kesempatan untuk meningkatkan kecintaan bagi produk dalam negri. “Kita ingin memberikan sarana media dalam dagang. Menjadikan Kota Banjarbaru sebagai kota Wira usaha. Menyajikan hiburan bagi masyarakat dan menciptakan suasana berbaur yang lebih aktif,” paparnya.

Tidak bisa dipungkiri, kini produk-produk cina sudah merambah ke seluruh wilayah di Indoneseia terlebih di kalsel. “Kita bersaing harga menciptakan pasar baru. Kita melihat perumbuhan ekonomi. Pada sektor tertentu kita mendapatkan peluang luas yaitu sektor pertambangan dan perdagangan yang terus melejit,” jelasnya. Diharapkannya, seluruh lapisan masyarakat bisa menggerakkan sektor ekonomi yang rukun dan damai. “Saya harapkan mampu mendukung dan bersaing secara sehat serta turut andil sebagai jembatan hubungan agar bertambah maju dalam menggalakkan perekonomian,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s