Karnaval Budaya Meriahkan HUT Banjarbaru ke 13

Karnaval budaya yang digelar pada Jumat, (20/4) sore di depan Balikota Banjarbaru ramai ditonton warga. Karnaval budaya yang diikuti paguyuban jawa, Kerukunan Sulawesi Selatan, dan Banjar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT ke-13 Kota Banjarbaru. Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli dalam sambutannya mengatakan, seluruh komunitas seni dan budaya yang ada di Kota Banjarbaru yang telah ikut meramaikan hari jadi dengan berbagai kreasi seni dan budaya ini. Hal ini tentu menjadi wujud dari komitmen masyarakat Kota Banjarbaru dalam melestarikan kekayaan budaya daerah agar tidak lenyap dari kehidupan masyarakat.

“Karnaval ini adalah sarana dan media untuk memupuk persatuan dan kebersamaan antar etnik yang ada di Kota Banjarbaru,” ujarnya. Melalui lomba karnaval tersebut diharapkan bisa menumbuhkan semangat kecintaan dan kebanggaan pada kebudayaan lokal dan nasional yang kini kian terkikis arus globalisasi. “Karnaval ini diharapkan juga mampu menjadi sarana pariwisata khazanah kebudayaan daerah di Kota Banjarbaru,” katanya. Dijelaskannya, Kota Banjarbaru memiliki keunikan ragam budaya yang harus dikembangkan sebagai potensi wisata. “Di Kota Banjarbaru terdapat budaya suku bangsa dan etnis lainnya yang jika dipadukan secara kolektif dapat menarik minat wisatawan mendukung sector pariwisata,” bebernya.

Dalam perhelatan itu membuat warga berbondong-bondong menyaksikan karnaval budaya yang didahului pertunjukkan tarian dan nyanyian dari masing-masing peserta, dan setia sampai menunggu pengumuman pemenang karnaval budaya ini. Ketua Panitia Karnaval Budaya Sirajul Huda mengumumkan pemenang karnaval. Juara pertama diraih Reog Ponorogo dengan nilai 702, juara kedua Putra Birowo (683), dan juara ketiga diraih Kerukunan Warga Sulawesi Selatan (680), sedangkan juara favorit direbut Ludruk Setia Budaya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s