Kesepakatan Harga Telah Ditandatangai

Penandatanganan berita acara kesepakatan harga untuk perluasan bandara Syamsuddin Noor oleh Panitia Pembebasan Lahan Bandara dengan pihak PT Angkasa Pura telah dilaksanakan, Senin,(16/4) di Aula Gawi Sabarataan Pemerintah Kota Banjarbaru, kemarin sore. Acara penandatanganan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, GM PT Angkasa Pura I Banjarmasin Gerrit Mailenzun, Kepala BPN Kota Banjarbaru Abdurrahman, Asisten Kepala Bappeda dan PM Renyta Setyawati, Kepala Dinas PU M Fazrullah Zahedi, Kabag Pemerintahan M Subeli, beberapa pihak dari tim legilasi, Jaksa, Kasat Reskrim Polres Banjarbaru AKP Sukard, dan camat lurah serta pihak yang bersangkutan lainnya.

Ketua Panitia Dr Syahrani Syahran sudah sah karena warga yang setuju telah mencapai 80,1 persen. “Kesepakatan telah ditandatangani oleh tim-tim yang bersangkutan. Keputusan tersebut sudah sesuai dengan Perpres No 65 Tahun 2006 pasal 31 ayat 1 huruf A yaitu minimal 75 persen yang disetujui warga dari total keseluruhan lahan maka pembebasan boleh dilakukan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan. Adapun harga ditawarkan untuk tanah kosong Rp255 ribu per meter. Untuk tanah perumahan ditawarkan Rp340 ribu permeter. Sedangkan tanah pemukiman Rp275 ribu per meter. Setelah penandatanganan tersebut, maka segera dilanjutkan tahap verifikasi terhadap keabsahan surat-surat kepemilikan lahan dengan keadaan di lapangan.

“Setelah ini panitia akan melakukan verifikasi terhadap surat-surat kepemilikan atau isitilahnya Pra Verifikasi,” jelasnya. Soal pembayaran diperkirakan dilakukan pada awal Mei. “Proses itu kita perkirakan sekitar 10 hari,” tambahnnya. General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Banjarmasin Gerrit Mailenzun mengatakan, bisa sampai ke tahap penandatanganan ini suatu proses yang cukup jauh. “Bisa sampai ke tahap ini berarti panitia serius membantu PT AP I melakukan pembebasan lahan. “Kita sampai bisa ke tahap ini berarti Panitia serius membantu PT. Angkasa Pura untuk melakukan pembebasan lahan. Pembayaran akan dilakukan 10 hari setelah berkas verivikasi sampai ke tangan PT AP I. Sebagaimana amanat Wagub tadi kepada saya, pembayaran segera dilakukan tanpa ada permasalahan lagi,” bebernya. Senada dengan Ketua Panitia, ia memperkirakan proses verifikasi sekitar 10 hari. “jika berkas tersebut sudah sampai ke PT AP I. Maka Uang ganti rugi pun cair dan sesegeranya kita bayarkan,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s