Pemkot Lakukan Peninjauan Ke Sekolah-sekolah

Terkait Pelaksanaan UN di Banjarbaru

Pelaksanaan Ujian Nasional di Kota Banjarbaru terbilang cukup lancar dari segi teknis, distribusi dan pelaksanaannya. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Ahmadi Arsyad, Senin, (16/4) kemarin. Dikatakan Ahmadi, Untuk hari pertama ia bersama Walikota Banjarbaru, Wakil Walikota Banjarbaru, dan unsur muspida di Pemerintahan Kota Banjarbaru telah melakukan peninjauan di beberapa sekolahan. “Kita sudah mengamati pelaksanaan di beberapa sekolahan SMA/SMK sederjat seperti MA Ponpes Al Falah Putri dan Putra, SMAN 2 Banjarbaru, SMAN 4 Banjarbaru, SMKN 1 Banjarbaru, SMK 2 Banjarbaru, serta sekolahan lainnya. Dan terus bergikliran berlanjut hingga hari berikutnya,” ujarnya kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com.

Dijelaskannya, seperti yang sudah diumumkan Dirjen Kemendikbud Pusat, soal yang dibagi menjadi 5 jenis dibagi menurut denah yang telah diatur sedemikian rupa. Meski soal-soalnya terbilang dengan jumlah dan materi yang sama, namun urutan jawapan atau pun urutan soalnya sudah diacak. Hal itu dilakukan guna menghindari kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional seperti mencontek dan hal lain sebagainya. Sependapat dengan Kepala Dinas, Kabid Dikmen Disdik Kota Banjarbaru Edi Yuana Pribadi menjelaskan, sejauh ini sudah tidak ada komplain apapun dari sekolahan. “Untuk satu hari ini, (kemarin, red) pelaksanan UN untuk Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia berjalan dengan baik. Nah, untuk besok, (hari ini, red) giliran maple Bahasa Inggris dan maple jurusan. Misalnya jurusan IPA mapel Fisika. Atau Jurusan IPS maka mapelnya Ekonomi. Itu masing-masing sekolahan yang mengatur,” jelasnya kepada wartawan.

Dikatakannya, pada hari-hari sebelumnya saat persiapan UN, pihak dari Inspektorat Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Inspektur Suharyanto datang ke Banjarbaru untuk memastikan keamanan soal-soal UN. “Tapi dihari pertama ini (kemarin, red), tidak ada peninjauan dari pihak Irjen. Mungkin pelaksanaan UN di Kota Banjarbaru dinilai aman saja jadi ditinggalkan mereka,” katannya. Ketika ditanya apakah ada kendala yang ditemui dalam hal pelaksanaan UN di Banjarbaru? Ia mengatakan belum ada. “Semoga saja lancer hingga selesai. Mungkin kita khawatir saja kepada PLN kalau-kalau terjadi pemadaman listrik. Kita mengatisipasi dengan mengantar surat permohonan kepada pihak PLN agar tidak melakukan pemadaman guna mendukung lancarnya para peserta UN belajar. Khususnya di malam hari.

Sekadar diketahui, hampir seluruh sekolahan tingkat SMA/SMK sederajat di kota Banjarbaru dijaga oleh beberapa aparat kepolisian, tetapi hanya diluar wilayah sekolah saja. Mengantisipasi jikalau terjadi hujan, maka pendistribusian soal UN akan diantar menggunakan mobil patroli polisi untuk guna mengatisipasi agar soal sampai kesekolahan dengan kadar waktu yang telah ditentukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s