Tamiya, Mobil Balap Asal Jepang Eksis Lagi

Masih ingat tentunya dengan jenis mobil mainan yang sudah ngetop dari tahun 80 an ini. Ya, ini adalah mobil balap mainan yang sering disebut dengan Tamiya. Pada awalnya, Tamiya adalah mainan anak-anak yang di desain dan di modif sedemikian rupa sehingga membuat mealaju kencang, terlebih lagi seri Mini 4WD. Oleh karena spare partnya yang mahal, Tamiya ini lebih cocok bila disebut mainan orang dewasa.

Jika anda menyempatkan dirin berjogging pagi di pagi Minggu seputar murjani. Maka akan anda temui orang yang menjual jenis mainan ini. Harga bervariasi, tergantung kualitas tentunya. Dari harga 15 ribu sampau 500 ribu. Gunawan misalnya, anak berumur lima tahun ini begitu tercenang melihat kecepatan mobil mainan yang sungguh luar biasa itu. “Pengen punya, mau minta belikan sama mama,” katanya sambil menarik tangan ibunya.

Namun tahukan sebenarnya, Tamiya adalah sebuah merk perusahaan mainan asal Jepang yang didirikan oleh pria bernama Yoshio Tamiya. Karena terus berkembang, Tamiya pun akhirnya dikenal sebagai “First in Quality Around the World”. Perlombaan Tamiya pun sering diadakan sampai hari ini. Meski tak sesering dulu. Hanya karena pertama kali dan masuk di Indonesia adalah merk Tamiya, maka sampai sekarang mainan ini disebut Tamiya.

Meski demikian, Tamiya Mini 4WD merupakan jenis mainan yang sangat susah dan penuh tantangan. Karena usaha yang dilakukan untuk menjadikannya mobil yang berlari kencang diperlukan banyak perhatian dari segala aspek. Seperti misalnya diameter ban, jenis ban yang digunakan, ukuran gear yang pantas untuk kondisi sirkuit, model dan jenis bearing, kapasitas, merk baterai, dan segala spare part lainnya.

Selain itu juga begitu banyak lintasan yang di rancang bermacam-macam bentuknya. Tak jauh-jauh beda dari balapan sungguhan seperti Formula 1 atau MotoGP, lintasan pun perlu setting sendiri. Yang tercepat belum tentu menang, karena tak sedikit dikala sedang balapan, mobil terpental keluar lintasan. Karena saking ‘Badak’ dan ‘liar’nya.

Tamiya adalah permainan mobil balap ala Jepang yang masuk di Indonesia sejak 1980, meski kepopulerannya sempat dikalahkan oleh permainan gasing, namun Mobil berdinamo ini tetap eksis. Hal itu juga didukung dengan penayangan film animasi (anime jepang) tentang Tamiya di salah satu stasiun televisi swasta. Berbeda dengan mainan mobil balap lain, keasyikan permainan ini bukan karena adu kecepatan. Melainkan kehandalan perakitlah yang menentukan. Mobil Tamiya tidak dijual dalam bentuk jadi, hanya berupa spare part atau komponen. Pemain lah yang harus pintar-pintar merakit dan mengkombinasikannya dengan peralatan yang tepat agar dapat menghasilkan mobil balap yang terhebat. []

Iklan

5 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s