Ogi Harapkan Masyarakat Respon Soal Kebersihan

Luar biasa memang usaha yang dilakukan Pemko Banjarbaru untuk memperoleh Penghargaan Adipura platinum. Tak tanggung-tanggung, para pasukan kuning dibawah Dinas Kebersihan dan Tata Ruang (Disbertarung) bekerja allout. Dari subuh hingga ke subuh lagi. Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli mengharapkan masyarakat tanggap soal kebersihan di Kota Banjarbaru. “Mereka berkerja memang sampai jam 3 subuh. Kadang-kadang jam 4 subuh. Yang jelas telah berjalan satu minggu belakangan. Kalau bekerja sampai sore itu sudah sering di lakukan sekitar satu bulan. Perolehan Adipura tidak hanya sekadar menjadi pertanda, tetapi lebih kepada membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan,” ujarnya ketika diwawancarai penulis hirangputihhabang.wordpress.com, Selasa, (1/5) kemarin.

Seberapa penting sebenarnya perolehan Adipura bagi Kota Banjarbaru sehingga pasukan kuning waktunya di porsir untuk membersihkan seluruh pojok kota? Dijelaskan Ogi, Adipura begitu penting karena dengan cara itu masyarakt khususnya Kota Banjarbaru tentu akan merasa bangga dan gembira. “Oleh karena itu juga, kita akan mudah mengkampanyekan kebersihan lingkungan,” tegasnya. Namun tak cukup sampai disitu saja, selaku orang yang pernah menjabat sebagai Kadis Dinas Kebersihan ini mengingatkan sikap masyarakat tidak terlalu menggantungkan harapan terhadap pemerintah. “Saya menilai masyarakat sekarang masih banya yang berharap penyelesaian soal kebersihan ke pemerintah. Padahal tidak harus seperti itu. Justru kita ingin memaksimalkan pemberdayaan masyarakatnya,” jelas Ogi.

Untuk wilayah Kota Banjarbaru. Tim Penilai Adipura sudah selesai menilai dan saat ini sedang berada di Kabupaten Banjar. Namun, apakah cukup sampai disitu? Tidak, Ogi mengeluhkan kondisi pasar Bauntung Banjarbaru yang kondisinya sekarang terlampau kumuh. “Kondisi drainasenya kurang efektif dan tidak ada penghijauan. Memang, itu bukan kendala. Untuk kebersihan dengan keadaan yang sekarang sulit kita kontrol. Rencananya, pasar ikan yang berada di belakang itu akan segera diperbaiki. Dananya sudah dianggarkan dalamn APBN 2013. Semoga saja cepat terealisasi demi kenyamanan kita bersama,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s