Korban Bencana Keluhkan Bantuan Pemko

Bantuan dari pemerintah terhadap dua orang warga korban bencana alam puting beliung di Gang Batu Besi, Keluarahan Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, belum lgi mencukupi. Salah satunya Muryati (65), yang mulai mendirikan rumahnya dibantu oleh warga sekitar. Karena sebelumnya sempat rata dengan tanah. Meski baru mulai dibangun, bahan yang diperuntukakan membangun rumah seadanya. semisal kayu galam untuk tiang, daun rumpiyang untuk atap dan papan kayu bekas rumahnya yang dulu dimanfaatkan. Dikatakan Muryati, hal itu lantaran biaya untuk membangun rumahnya sangat minim. Bantuan dari Pemerintah kota yang diterimanya hanya berjumlah 500 rbu rupiah. “Itu saja. Tidak ada tambahan lagi sama sekali,” tuturnya. Namu demikian, ia mengaku bersyukur karena da organisasi masyarakat yang mau membantu dana Dua Juta Rupiah tanpa diminta.

Tentangga Muryati, Madi, diberi amanah oleh Muryati untuk membangun rumahnya. Diakuinya, bantuan dari pemerintah kota Banjarbaru sangat begitu sulit dipergunakan untuk membangun rumah yang baik. “Kami sudah seirit mungkin, tapi yang didapatkan hanya ini,” ungkapnya. Kemarin Madi bersama para tetangga Muryati yang lain sudah mulai membangun. Walaupun hanya dengan bahan seadanya, mereka berusaha membangun yang terbaik diatas tanah seluas 500 meter.

Sementara itu, Manulang, ketua lingkungan Gang Batu Besi menuturkan, sejauh ini tidak ada bantuan dari dinas sosial yang berupa uang. Diakuinya Dinas Sosial hanya membangun terpal disamping rumah Muryati yang ambruk. Ditambah lagi sembako dan peralatan masak. Sebelumnya juga diceritakan, pemerintah  seperti hanya sekadar memberi bantuan. Karena setelah menyerahkan sekardus mie, dan logistik lain, langsung saja pulang tanpa meninjau kembali.

Menurut Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banjarbaru Drs H Rusfandie mengatakan, Dinas yang dipimpinnya memang hanya memberi sumbangan yang berhubungan dengan sandang dan pangan. “Selebihnya itu wewenang pemerintah kota. Karena memang tidak ada anggaran untuk membantu korban bencana alam,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Thalmie Hasanie menjelaskan, pihaknya telah telah mengucurkan dana 27 juta untuk korban bencana putting beliung sesuai dengan laporan lurah dan yang disetujui oleh wali kota. Dia tidak tahu kalau bantuannya disama ratakan. Akan tetapi menurut kabar yang didengarnya, itu baru tahap pertama. “Rencananya ada tahap kedua,” pungkasnya.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s