102 Peserta Ikuti Pemilihan Nanang Galuh

 Raut muka senang dan gelisah tampak menghiasi wajah mereka. Menunggu dari pagi sampai sore pun tak mematahkan semangat mereka untuk menunjukkan bakat mereka di hadapan para Juri Pemlihan Duta Wisata Nanang Galuh Banjarbaru 2012, Selasa, (8/5) di Aula Trisakti Banjarbaru, kemarin. Ketua Panitia Pelaksana Fendi Rahmat Ardiansyah mengatakan, diadakannya pemilihan duta wisata Nanang Galuh 2012 bertujuan untuk menggali kemaampuan kreatifitas dan juga meningkatkan kepedulian akan kesenian budaya Banjar. “Kegiatan ini juga merupakan dukungan penuh di bawah tanggung jawab Disbubparpora Kota Banjarbaru,” ungkapnya kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com, Selasa kemarin.

Pemilihan Nanang Galuh pada tahap pertama telah berlangsung sejak Senin, (7/5). Audisi diisi dengan berbagai macam tes tertulis ters tertulis semisal bahasa inggris, pengetahuan di bidang pemerintahan, dan pengetahuan wawasan kebudayaan serta pengetahuan umum. Sedangkan dihari kedua kemarin, Selasa, (8/5) adalah audisi tahap kedua yang diisi dengan penampilan bakat dari para pesertra. Setidaknya ada 102 orang pesrta yang mengikuti. Dibagi atas Nanang 38 orang dan Galuh 65 orang. Kebanyakan dari mereka yang mengikuti adalah pelajar, mahasiswa, dan umum. “Karena memang,m persyaratanya dibatasi dari umur 16-25 tahun saja,” jelas Fendi.

Soal penampilan bakat pun diberikan kebebasan oleh panitia. “Apapun boleh ditampilkan. Terserah apakah itu kesenian kebudayan tradisional atau modern. Kita memberikan kebebasan para peserta untuk menampilkan bakat yang mereka punya,” terangnya. Aksi mereka dinilai oleh tiga orang Juri Yaitu Seniman asal Banjarbaru Arsyad Indradi, Fajrianto Woldani, dari perwakilan perwadahan untuk penilaian personal dan performa penampilan, sedangkan keahlian berbicara atau berpidato dinilai olej Mi’rajurrahman salah seorang pengajar di Ponpes Darul Hijarah Putra.

Rencananya, audisi Nanang Galuh Banjarbaru ini berlangsng dari tanggal 7 mei sampai 2 Juni mendatang. Dan kemarin merupakan eliminasi untuk mencari 30 besar. Bakat yang ditasmpilkan mendominasi adalah menyanyui, menari, dan menjadi presenter. Salah seorang peserta Arief Rahman Heriansyah beralasan ikut audisi karena ingin eksis di ranah kesenidan serta event kebudayaan di Kalsel. “Sya juga ingin menampilkan gaya berpuisi yang bagus karena ingin memotifasi kawan-kawan agar tergerak untuk mencintai budaya berpuisi,” ungkapnya. Sedangkan Mahrita Shofa Wati salah seorang peserta yang juga pelajar dari SMADA  Banjarbaru mengaku ingin menambah pengalaman. “ya, semoga saja lolis dan bisa menambah wawasan kita dalam kebudayaan di Kalsel,” katanya. Nantinya, dipilih dua pasangan Nangan Galuh yang akan diikutkan kembali dalam pemilihan Nanang Galuh tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin. []

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s