60% Lahan Masih Bermasalah

Dari total 92 hektare lahan yang siap digantu rugi terkati pengembangan bandara Syamsuddin Noor, 60% nya masih bermasalah dengan kasus tumpang tindih. Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarbaru, Kamis, (10/5) ketika tahap awal verifikasi lahan di Aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru, kemarin. Menurutnya, sampai saat ini baru dua warga yang mengajukan surat keberatan ke BPN untuk diminta melakukan pengukuran ulang karena adanya klaim di atas lahan yang mereka miliki. “Penyelesaian akan dilakukan dengan jalan musyawarah yaitu dengan membentuk tim mediasi agar tidak timbul permasalahan baru yang dapat merugikan warga,” ujarnya.

Masalah itu dibenarkan GM PT Angkasa Pura I Gerrit Mailenzun. Dituturkannya, Permasalahan tumpang tindih lahan tersebut berdampak terhadap rencana pembangunan untuk pengembangan Bandara Syamsuddin Noor yang awalnya diasumsikan pada Juli 2012. “Resikonya, pembangunan mundur. Karena tidak mungkin pihak AP membangun di atas bangunan orang, kan,” katanya. Ketua Panitia Pembebasan Lahan Bandara Dr Syahriani Syahran mengatakan, untuk tahap pertama dipanggil 28 orang pemilik lahan kosong dan beberapa lahan rumah warga Syamsuddin Noor dan Guntung Payung. “Saat ini sedang dilakukan tahap pendaftaran dan verifikasi oleh sektar 28 warga yang diundang p anitiaberdasarkan data dari BPN yang telah melakukan pengukuran ulang dan tidak terdapat permasalahan administrasi,” ungkapnya.

Meski demikian, pembayaran yang semula dikabarkan panitia pada 10 Mei 2012 harus tertunda kembali. Karena hasil laporan dari verivikasi tahap pertama harus dilaporkan dulu, barulah uang ganti rugi untuk 28 orang pemilik lahan yang berukuran 4 hektare berjumlah 3,8 milyar dicarikan. “Uang itu akan cair 16 Mei 2012,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s