Penyuluh Pertanian Dibantu

Kementerian pertanian Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan 9 unit sepeda motor bagi para penyuluh pertanian di lingkungan pemerintah kota Banjarbaru. Jenis sepeda motor itu 5 unit Thunder dan 4 Suzuki Axelo. Sarana transportasi bagi para penyuluh pertanian tersebut diserahkan simbolis oleh Wali Kota Banjarbaru, Ruzaidin Noor kepada para perwakilan setiap kecamatan di Aula Liggangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarbaru, Kamis (10/05), kemarin.

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor mengharapakan bantuan tersebut sebagai penunjang dan motivasi untuk lebih giat lagi dalam bekerja. “Kawan-kawan harus bergerak aktif,” ungkapnya. Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (Distankanhut) Pemerintahan Kota (Pemkot) Banjarbaru Ir Puspa Kencana mengatakan, pemberian sarana transportasi ini diperuntukan agar meningkatkan dan mendukung gerakan peningkatan produksi beras nasional.  “Yang surplus 10 juta ton, tahun 2014 mendatang, ” ujarnya.

Meski demikian, dalam hal ini yang mendapatkan bantuan operasional hanya penyuluh dari kecamatan Landasan Ulin (LU), Cempaka, Liang Anggang (LA), dan Banjarbaru. “Sementara itu, satu kecamatan lain memang belum, ” paparnya. Selain memberi bantuan kepada penyuluh pertanian, Distankanhut juga memberi bantuan kepada penyuluh perikanan dan kelompok tani. Untuk penyuluh perikanan ada tiga orang, yang semuanya diberi bantuan berupa laptop dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk memberi pendataan bidang perikanan di lapangan. “Perikanan juga berpotensi di Banjarbaru, ” ungkapnya. Sedangkan untuk kelompok tani diberikan bibit karet jenis unggul klon 26 sebanyak 12.000 bibit batang secara cuma-cuma berasal dari dana APBD. “bibit ini merupakan rekomendasi dari dinas pertanian provinsi,” terangnya. Dia berharap nantinya para petani karet, menanam dengan baik bibit yang diberikan. Sehingga bisa mengusahakan karet. “Karet bisa menambah penghasilan 5 tahun kedepan,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s