Sanggar Ar-Rumi STAI Darussalam Wakili Kalsel Ke Mataram

Usaha mereka dalam  menjaga eksistensinya di bidang kesenian Kalse memang terbilang tidak sia-sia. Nyatanya, pada Juli mendatang salah seorang anggota Sanggar Ar-Rumi, Bambang, akan bertolak ke Mataram, Nusa Tenggara Barat untuk menghadiri Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS). Itu setelah ia lolos seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) pada tanggal 7 Mei 2013 yang di selenggarakan di Kampus STKIP PGRI Banjarmasin.

Sebagai wadah berekspresi yang melahirkan bakat-bakat para mahasiswanya, Sanggar Ar-Rumi (selanjutnya disingkat SA) resmi berdiri pada 14 Januari 2003 atas prakarsa Budi Rahman, Ma’ruf M. Muzakkar, Madiansyah, Kasmani, dan Maisunah. Dukungan penuh pun mengalir dari Udien Adiest (alm) dan Azis Muslim. Sanggar Ar-Rumi mengalami pergantian ketua umum sebanyak 9 kali. Pada periode kepemimpinan sekarang yang diketuai oleh Rhajudin, lebih akrab disapa Udin. Berbagai agenda rutin dalam tiap tahun pun selalu dilaksanakan oleh SA, diantaranya Latihan Alam (Latal),  Musyawarah Besar, pementasan peringatan  (Hari Lahir) Harlah, napak tilas, dan buka puasa bersama. Dan baru saja pada tanggal 8 Mei kemarin, mereka menghibur masyarakat Kampung Suriyan, Pamatang Dana Kabupaten Banjar dengan naskah berjudul Pasukan Tengol. Dengan bawaan yang konyol dan ngocak abis.

“Dengan adanya SA ini, saya berharap kesenian dan kebudayaan daerah kita lebih dikenal para remaja dan pemuda Kal-Sel. Karena menurut saya saat ini kesenian daerah kurang dikenal dan pemerintah kabupaten cenderung berpihak kepada satu jenis kesenian saja,” ujar Ketua Umum, Rhajuddin. SA selalu menyambut dengan hangat bila ada kawan-kawan yang bertandang ke markasnya yang berada di Jl. Perwira komplek Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s