Truk Galian C Dilarang Lewat Jalan Guntung Manggis

Menampung aspirasi masyarakat di wilayah Guntung Manggis yang mengeluhkan sikap kebanyakan para supir truk menggunakan jalur sebelah kanan yang mengakibatkan jalan rusak dan rumah warga berdebu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Ir H Antoni Arpan di damping Kabid Manajemen Lalu Lintas Sirajoni ambil sikap. Dikatakannya, truk gailan c ataupun jenis angkutan material lainnya sudah diatru sedemikian rupa agar tidak lagi melewati Jalan Guntung Manggis. “Kita sudah lakukan kesepakatan itu Kamis kemarin. Dan kita mengaharapkan agar peraturan itu dimengerti dan dilaksanakan. Bukan hanya truk galian c saja. Tetapi juga ada truk yang lainnya seperti angkutan material, pasir, batu dan sebagainya. Namun karena rombongan truk Galian C yang terbanyak jadi itulah yang diprioritaskan,” ujarnya kepada penulis hirangputihhabang.wordpress.com, Selasa, (15/5) kemarin.

Dijelasakan Antoni, tak hanya golonga truk galian C, truk angkutan umum apa saja tidak lagi diperkenankan melalui Jalan Guntung Manggis. “Kami sudah atur truk-truk itu nantinya keluar di penghujung Jalan Trikora LIK Liang Anggang. Itu untuk tujuan Banjarmasin dan sekitar Kota Banjarbaru. Sedangkan untuk truk yang melayani keperluan di wilayah Kota Banjarbaru masih diperbolehkan melalui jalan RO Ulin. Namun itu juga kondisi jalannya. Sesuai dengan kapasitas dan kelas jalan,” jelasnya.

Truk-truk yang lewat diharapkan bisa menutup baknya dengan terpal agar warga sekitar tidak terkena dampak debu yang terlalu berlebihamn. “Kesepakatan tersebut sudah disetejui oleh penambangnnya. Kami juga sudah berkordinasi dengan Dinas PU, Diseperindag dan Tambang, Satlantas, Camat, Lurah, dan Warga tentunya. “Jadi intinya permintaan warga jangan sampai truk melewati Jln Guntug Manggis kami sikapi dengan mengupayakan kordinasi tersebut. Terlebih lagi karena adanya proyek pengerjaan jembatan yang dibidangi Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum,” bebernya.

Lalu bagaimana menyikapi adanya truk yang lebih memilih melewati Jalan RO Ulin? Dijelaskannya, bagaimana menyikapi itu masyarakat seyogiannya harus memahami. “Jalan Guntung Manggis sudah di tutup. Dan Jalan Karang Rejo juga, meski tidak ada larangan pun jelas truk-truk tidak akan lwat sana karena jalannya yang terlalu rusak. Maka jalan RO Ulin ini adalah satu-satuya jalur untuk ke kota. Tapi itu kita atur sesuai dengan kelasnya. Karena jalan RO Ulin itu adalah kelas 3. Tentu hanya truk angkutan material yang boleh,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s