UKM Korp Sukarela (KSR) STAI Darussalam Martapura

Membantu Sesama Tanpa Pamrih

Korps Sukarela (KSR) di STAI Darussalam Martapura merupakan salah satu UKM yang bergelut di bidang kesehatan. Terutam soal kesehatan untuk membantu korban bencana dan kegiatan sosial lainnya. KSR STAI Darussalam tak pernah lelah dalam membantu masyarakat. Dalam hal kebersihan maupun dalam meringankan beban para korban bencana.

KSR saat ini mempunyai 125 oang anggota aktif. Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan KSR yaitu donor darah, bakti sosial, dan  penggalangan dana untuk meringankan korban bencana banjir dan kebakaran. “Dalam KSR kami terbiasa membantu dalam hal apapun dengan tidak mengharap honor imbalan,” ujar Ketua Korps Sukarela (KSR) STAI Darussalam, Ainuddin Azzukhairy.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Udin ini, Kegiatan donor darah rutin dilaksanakan tiap tahun sekali. Atau bisa juga ketika momentum peringatan suatu hari Nasional. Semisal jika terjadi bencana banjir atau kebakaran. Maka para pasukan berseragam merah ini siap dengan sigap turun langsung ke tempat terjadi bencana untuk membantu. “Ada juga yang menggalang dana untuk disumbangkan,” ungkapnya.

Baiasanya, ujar Ainuddin, Dalam melaksanakan tugas sebagai KSR sering bergabung dengan tim Tagana. “Sering pula kami membantu mencari korban tenggelam di daerah Tambak Anyar, Mataraman, Sungai Tabuk, dan Pekauman,” paparnya.

Beberapa anggota KSR sering memberikan pelatihan Pertolongan Pertama (PP) ke beberapa sekolah seperti SMA Karang Intan, MAN 2 Martapura, SMP N 3 Banjarbaru, dan Ponpes Darul Hijrah guna membiasakan anak-anak untuk dapat membantu jika mengetahui tejadi musibah atau bencana.

Keberadaan KSR diharapkan mampu menunjang kerja KSR secara maksimal, terutama masalah dana. Menurutnya, peralatan untuk praktek di lapangan masih sangat kurang, terlebih ia sangat berharap adanya mobil angkutan operasioanal KSR yang digunakan untuk mengemban tugas sosial kemasayarakatan. “Daerah yang sering kami bersihkan adalah pasar Batuah Martapura. Kami juga memberikan pengarahan agar pedagang membuang sampah tidak sembarangan, karena berkaitan dengan perda pemerintah mengenai kebersihan. Itu kami laksanakan dari pukul 07.30-10.00 Wita dan Alhamdulillah masyarakat senang dengan keberadaan kami yang membantu memberi kesadaran untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan,” kata Ainuddin.

KSR dalam perjalanannya tak lepas dari peran serta BEM STAI Darussalam yang turut mendukung segala kegiatan. Beberapa dosen pun membina KSR yaitu Drs. H A Fauzan Saleh,M.Ag, Drs. H A Hamdaini BA.M.Ag dan Ir. Izzudin Noor. Ms.

Sekadar diketahui, KSR Indonesia mengusulkan STAI Darussalam sebagai tuan rumah dalam pemilihan ketua KSR Indonesia yang direncanakan berlangsung tahun 2013 mendatang.

 

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s