Tips Capai Target Ngaji di Bulan Ramadhan

1.  Mulai dari Awal

Ada baiknya kita membaca mulai dari juz 1 pada hari ke-1 Ramadhan, tidak meneruskan batas tilawah harian yang biasanya. Ini agar mudah menghitung pencapaian tadarus kita. Nanti usai Ramadhan, bisa kembali lagi ke batas tilawah yang semula. Misalnya, bagi sobat spirit Ramadhan yang target dua kali khatam (60 juz), berarti satu hari harus tadarus 2 juz. Maka hari pertama harus membaca sampai juz 2, hari ke-2 tadarus sampai juz 4, dan seterusnya.

2.  Untuk Muslimah Pekrirakan Hari

Bagi muslimah, jangan lupa perkirakan hari-hari yang hilang karena haid. Jika biasa 7 hari haid, berarti waktu berpacu untuk tadarus tinggal 20-21 hari. Ini dibagi untuk 60 juz (misalnya 2 kali khatam), berarti 1 hari harus tadarus sekurang-kurangnya 3 juz.

3.  Kenali Kemampuan Diri

Target harian juga bisa dibagi-bagi lagi dalam beberapa waktu yang memungkinkan, dapat juga diselesaikan dalam 1 waktu. Ada yang tadarus setiap selesai sholat wajib (berarti dibagi 5 kali), ada yang hanya usai sholat subuh dan sholat tarawih (dibagi 2 kali). Ada juga orang yang mampu membaca 3 kali juz dalam sekali duduk. Tiap orang punya keluangan waktu dan kebiasaan yang berbeda-beda.

4.  Manfaatkan Waktu

Manfaatkan setiap waktu dengan efisien. Kurangi banyak mengobrol atau hal-hal laghwi lainnya, dan alihkan ke tadarus. Jika kita sudah terbiasa membaca dengan tartil, waktu untuk tadarus 1 juz sebenarnya cuma 30-45 menit. Artinya, tadarus dengan target 3 juz per hari (3 kali khatam) hanya butuh waktu 1,5 hingga 2 jam dari 24 jam waktu yang kita miliki setiap hari. Jadi, kenapa tidak?

5.  Membaca Lirih

Tadarus merupakan ibadah yang banyak mengunakan mata dan suara. Tapi yang utama adalah mata. Jadi, tak perlu bersuara terlalu keras. Itu juga bermanfaat untuk menghemat energi dikala puasa. Jika sedang batuk misalnya, cukup membaca dalam hati juga tak mengapa. Masalah suara saat tadarus yang kadang-kadang makin lama makin berasa sember, sebenarnya saat itu pita suara kita sedang dalam masa adaptasi. Jika kita mengalami hal tersebut, antepin saja, bablas terus, lama-lama suara akan muncul lagi dengan baik. Begitu kata salah seorang ustad Al Hafidz. Tubuh akan menyesuaikan dengan perlakuan yang diterima, meskipun awalnya tak terbiasa dan terasa berat. Sama seperti bangun untuk sahur, awalnya berat, lama-lama terbiasa.

6.  Instal Aplikasi Alquran

Bagi pengguna smartphone tentu tak asing lagi, banyak beberapa vendor yang menyediakan aplikasi Alquran untuk kebutuhan mengaji kita sehari-sehari. Dan sewaktu-waktu kita bisa saja membacanya ketika di ruang tunggu, di meja kantor, dan di ruang lainnya. Namun tetaplah suci ketika membuka aplikasi Alquran tersebut.

7.  Berdoa

Terakhir perbanyaklah berdoa pada Allah dan senantiasa minta dikuatkan jiwa dan raga agar kita dapat mencapai target yang sudah dicanangkan. Dan tetap semangan menjalani puasa satu bulan penuh dalam ibadah. (ananda/bbs)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s