Ogi Sidak Pasar

Semakin maraknya distribusi bahan makanan pokok dan disertai melonjaknya harga menjadi kekhawatiran sebagian masyarakat akan kualitas barang. Terlebih Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli diserta beberapa SKPD terkait yang turun langsung ke lapangan untuk mencek beberapa produk dan bahan makanan produk tersebut, Kamis, (2/8) kemarin.

Namun sayangnya, info akan adanya sidak ke beberapa pasar dan pusat perbelanjaan sudah diketahui para poedagang. Beberapa pedagang mengaku, tidak ada kenaikan harga barang yang melonjak tajam, semua harga barang justru relative dengan harga yang stabil.

Dikatakan Ogi, kegiatan ini sekadar pengecekan harga barang-barang pokok. “Jika melambung terlalu tinggi, maka segera dilakukan operasi pasa. Ya sebagaimana inspeksi pasar pada hari ini, (kemarin, red). Namun ketika kita bertanya kepada para pedagang justru tidak ada dijawab tidak ada kenaikan, kata mereka cuma isu saja. Yang harganya naik hanya tomat saja. Sedangkan harga beras dan kebutuhan pokok lainnya stabil. Kalau benar demikian, maka Pemko Banjarbaru tidak perlu lakukan operasi pasar,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan.

Sementara itu dalam sidak beberapa mini market, pihak Disperindag dan Dinkes Kota Banjarbaru menemukan beberapa kemasan kaleng minuman yang rusak dan kemasan makanan yang diduga illegal serta menggunakan zat pewarna berbahaya bagi kesehatan.

Kasi Kesling dan Wabah/Bencara Dinkes Banjarbaru Miming Suryanti menuturkan, untuk menentukan adanya kandunga zat kimia dalam makanan harus dilakukan pengujian laboratorium selama 15 hari kerja. “Oleh sebab itu tidak bisa dikatakan ada temuam kalau tidak diuji langsung di laboratorium. Semua ada cirinya, semisal dilihat dari fisik, warna, dan baunya,” paparnya.

Ia mengharapkan warga masyarakat Banjarbaru khususnya lebih selektif dalam memilih produk makanan. “Untuk tidak mengkonsumi makanan dengan pewarna yang terlalu mencolok serta mengamati tanggal kadaluarsa di kemasan seblum membeli dan menkonsumsi,” ingatnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s