Tips Jaga Pahala Puasa

 

  1. 1.  Jangan Dusta

Dimana-mana yang namanya berdusta atau berbohong itu memang tidak disarankan. Tak hanya dikala puasa saja, bahkan di kehidupan sehari-hari. Atau orang Banjar bilang, bakaramput, dan sebagainya. Apalagi para pemuda seperti sobat spirit Ramadhan. Bahkan berbohong dmi kebaikan pun tetap mengurangi pahala. Jadi, jujur aja deh!

  1. 2.  Kontrol Bergunjing

Ngomooooong mulu kerjaannya dari pagi sampai petang. Jangan salah, sedikit banyaknya akan terselip-selip sobat membicarakan orang lain, maka itu artinya gibah. Gibah atau naminah artinya mirip-mirip, menggunjing, berprasangka, menggosip, dll. Namun namimah biasanya ditambah dengan analisa-analisa dan kata-kata penegas lainnya. Jika memang tak mampu mengingatkan, diam lebih baik.

  1. 3.  Bersaksi Palsu

Ini mirip aja sama tips yang di atas. Tetapi kali ini ada tindak lanjutnya yaitu memberikan keterangan yang sebenarnya belum tahu kepastiannya dan keterangan tersebut bersumber dari keterangan orang lain yang tak jelas pula kebenarannya.

  1. 4.  Memandang Dengan Syahwat

Tidak terkhusus kaum cowok, tapi cewek juga. Kadang ini, sih wabah yang sangat lumrah dikalangan anak muda. Memandang dengan nafsu. Semisal jika ada cewek yang sudah masuk dalam pandangan dan membuat pikiran menjadi negatife, maka berkuranglah pahala puasa. Apalagi melongo bersama teman disampaing yang memangdang sambil membaca istigfar. Ya sama aja kan, melihat disertai dengan nafsu. Maka dari itu, jagalah pandangan kita terhadap apapun yang ada dihadapan kita.

  1. 5.  Berkata Yang Tercela

Banyak sekali kata-kata tercela, kotor, caci-maki, sumpah serapah, apalagi marah-marah, ya jelas membahayakan pahala puasa. Maka lebih baik, Sobat Spirit Ramadhan menghindarinya. Berkatalah yang baik dan berbahasalah yang santun. Agar tidak menimbulkan gejolak emosi dan di antar orang lain dan diri sendiri.

  1. 6.  Taqwa

Memangmasih banyak yang harus dihindari saat menjaga pahala puasa. Yang jelas, jika kita masih mengerjakan apa yang diperintahkan Tuhan dan menjauhi segala yang dilarang, maka Insya Allah pahala puasa kita akan diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa. Serta dirahmatinya kita di Ramadhan kali ini, hingga Ramadhan yang berikutnya. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s