Tips Mudik Lancar

Mungkin tak berbeda dengan perjalanan sebelumnya. Yang berbeda hanyalah, suasana kepadatan lalu lintasnya yang luar biasa serta keinginan untuk segera sampai di tempat tujuan. Saat berangkat yang seringkali terburu-buru hingga mendadak tanpa persiapan.

  1. 1.  Cek Kesehatan

Yang ini sangat penting sobat. Kalau bisa cek dulu kondi kesehatan kalian sebelum berangkat mudik. Hal ini mengatisipasi kondisi tubuh ketika kelelqahan dalam perjalanan. Jika perlua bawa obat-obatan untuk penyakit ringaan atau yang sudah sering di derita oleh pemudik.

  1. 2.  Cek Kendaraan

Bagi kalian yang memilih mudik menggunakan motor/modil sendiri alias tidak menggunakan transportasi umum, maka sudah seyogiannyalah untuk mengecek kondisi mesin, knalpot, karburator, dan segala yang berhubungan dengan mekanik kendaraan bermotor. Kalau memang memungkinkan, service lah jauh-jauh hari sebelum hari rencana mudik tiba. Mengatisipasi keterburu-buruan yang nantinya berakibat fatal bagi motor/mobil apa lagi pengemudi/pengendaranya.

  1. 3.  Istirahat Cukup

Sebagaimna pesan dokter kebanyakan. Pemudik pun harus punya waktu istirahat yang cukup. Usahakan bisa istirahat cukup sebelum berangkat dan jangan pernah paksakan berangkat dalam kondisi kurang tidur. Biasanya karena yang bersangkutan tidak merasakan kantuk. Karena secara psikologis merasa ingin segera sampai di tempat tujuan. Namun secara tidak sadar justru tertidur di tengah jalan, bahkan saat di atas kendaraan yang melaju kencang. Hal demikian sering terjadi karena kondisi fisik yang terlalu lelah. Akibatnya, si pemudik bisa menabrak orang, atau orang yang menabrak pemudik. Jadi, keep safety riding.

  1. 4.  Jangan Makan Makanan Berat

Kalau berat makannya berkilo-kilo, tentu tak mampu. Tapi maksud berat disini adalah makan makanan atau minum-minuman yang merangsang pencernaan. Semisal rasa yang terlalu asam, pedas, dan lain sebagainya. Baik sebelum maupun selama perjalanan. Jangan makan atau minum sesuatu yang tidak biasa atau tidak dikenal. Karena jangan heran, akan banyak sekali produk-produk baru yang akan ditawarkan dikala berhenti di suatu tempat persinggahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s