Tips Manfaatkan Rejeki Salam Tempel

Mendapat salam tempel adalah tradisi yang ada di Indonesia saat Idul Fitri tiba. Momen ini sangat dinantikan anak-anak dan tak pelang, Sobat Spirit Ramadhan juga. Senang berkunjung ke rumah saudara dan mendapatkan sejumlah uang dari kerabat yang lebih tua. Saat mereka sudah mengumpulkan salam tempel, tugas Sobat memastikan bahwa bisa menggunakan salam tempel tersebut dengan bijak, atau bisa juga untuk anak, keponakan, dan saudara sobat yang masih anak-anak.

  1. Ditabung

“Ditabung!” adalah jawaban umum bila anak ditanya akan diapakan uang salam tempel yang mereka terima. Tetapi hal demikian juga berlaku bagi kita yang jiwanya muda pun sudah dewasa. Karena menabung juga merupakan sifat yang terpuji. Jika memang ingin menabung semua hasil salam tempel, tak masalah. Yang penting bisa bertanggungjawab dengan tabungan tersebut. Maksudnya, saat paceklik, tidak berusaha untuk diambil-ambil sedikit-demi sedikit sampai habis.

  1. Beli Peralatan Sekolah/Kuliah

Bagi Sobat Spirit Ramadhan yang amasih menempuh pendidikan, teny akan lebih bermanfaat jika uangnya dibelanjakan untuk membeli peralatan sekolah atau kuliah. Semisal tas, buku, sepatu, seragam sekola, dan lain sebagainya.

  1. Sebagai Tambahan Untuk Keperluan

Tak heran biasanya sobat spirit memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang harganya jauh di atas tabungan bahkan kemampuan. Misal, laptop, PSP, sepeda fixie, handphone, atau kamera. Oleh karena itu kadang kita sangat menanti momentum salam tempel untuk mencapai impian tersebut. Jika jumlah salam tempel mencukupi dan sobat hanya tinggal menambah sedikit lagi, kenapa tidak? Sobat menambahkan sisa kekurangan uang tersebut. Untuk saudaranya yang lebih kecil tentu bisa berpesan bahwa bangga karena mereka (anak/adik/sepupu/keponakan) sudah mampu berpuasa penuh dan punya prestasi yang bagus di sekolah, jadikan hadiah tersebut sebagai pemicu agar ibadah dan prestasi sekolah semakin baik ke depannya.

  1. Jangan Lupa Sedekah

Membiasakan diri untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan sangat penting ditanamkan sejak kecil. Aplagi mengajarkannya. Jika sudah mengerti mengenai zakat yang harus diberikan pada orang yang tidak mampu, maka sobat bisa menerapkan hal ini pada saudara yang lebih muda. Potong sedikit sejumlah salam tempel yang diterima, minta kesediaan mereka untuk ikhlas memberikan sebagian kecil uang itu untuk orang yang lebih membutuhkan. Serahkan keputusan di tangan mereka, kemana uang itu akan diberikan, apakah untuk tetangga yang membutuhkan atau disumbangkan ke panti asuhan misalnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s