Waspada Kabut Asap

Pasca seringnya kebakaran lahan khususnya wilayah Banjarbaru membuat penerbangan pesawat sering terganggu. Hal itu disampaikan Prakirawan BMKG Bandara Syamsuddin Noor Kusmayancu, Jumat, (24/8) siang kemarin.

Dikatakannya, kabut asap yang sering terjadi belakangan lebi disebakan karena kebakaran hutan. “Fenomena ini sangat berdampak karena menganggiu aktivitas penerbangan di bandara. Terlebih ketika pagi hari usai subuh. Jarak pandang hanya berkisar 800 meter sampai terparah 200 meter,” ujarnya kepada wartawan.

Dijelaskannya, hal tersebut mulai terjadi hamper sebulan belakangan. “Namun memasuki akhir Agustus ini semakin parah” tambahnya.

Di samping itu, kabut asap dan fox juga akan membahayakan kesehatan manusia jika terhirup langsung oleh manusia. “Kabut asap fox mempunyai bau yang berbeda dari kabut asap biasa,” ingatnya.

Berdasarkan pantauan satelit, kata Cucu, titik panas atau hot spot di wilayah Kalsel masih terbilang sangat sedikit. “Dibandingkan dengan hot spot di wilayah Kalteng dan Kalbar. Sedangkan hot spot terbanyak terdapat di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, karena angin bertiup dari arah tenggara,” pungkasnya.

Sekadar diketahui. Kabut asap merupakan partikel kering sisa kebakaran yang kelembaban udaranya di bawah 90 persen dengan jarak pandang dibawah 5000 meter. Sedangkan kabut fox atau uap air kelembabanya di atas 98persen dengan jarak pandang mendatar. Umumnya di bawah 1000 meter. Meski demikian kedua jenis kabut asap tersebut membahayakan bagi kesehata. Di samping itu mengganggu aktivitas penerbangan pesawat dan transportasi darat lantaran menjadi penghalang mata normal. Persitiwa ini diprediksikan akan masih terjadi hingga Oktober mendatang.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s