Potensikan PAD dari 3 Raperda

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjarbaru tampaknya menjadi hal yang dipriotitaskan. Hal itu terbukti dengan adanya 3 Raperda yang diusulkan Pemerintah Kota Banjarbaru kepada Dewan. Tiga Raperda itu adalah tentang pajak sarang burung walet, tentang izin pengusahaan dan pengelolaan sarang burung walet dan tentang bangunan gedung.

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor menjelaskan, sarang walet merupakan salah satu satwa yang sejatinya dimanfaatkan menjadi salah satu potensi pendapatan asli daerah. “Maka dari itu, perlu adanya peraturan daerah yang mengatur penyelenggaraannya. Supaya bisa dimanfaatkan dan dirasakan besar bagi daerah serta masyarakat,” tuturnya kepada hirangputihahabang.worpress.com, Kamis, usai  rapat paripurna.

Dijelaskan Ruzaidin, yang terpenting dalam penyelenggaraan sarang yaitu pengawasan, pembinaan dan pengendalian. “Jadi tidak hanya hanya menghasilkan pendapatan bagi daerah namun juga memberikan perlindungan terhadap kepentingan umum baik dari segi kesehatan, keamanan, keindahan, dan kesesuaian dengan tata ruang wilayah Banjarbaru,” paparnya.

Sedangkan untuk Raperda bangunan, ia menjelaskan bahwa secara langsung atau tidak akan memberi manfaat dan kedudukan sosial ekonomi yang bagus individu masyarakat serta maupun badan berhak atas bangunan tersebut. “Proses administrasi bidang bangunan serta kedudukan hukumnya wajib tunduk kepada ketentuan perundang-undangan yang berlaku khusus bagi publik. Prose situ nantinya emnjadi legitimasi oleh Negara sebagai wujud implementasi yang diatur dalam UU nomor 28/2002 tentang bangunan gedung,” terangnya.

Selain itu, Raperda bangunan gedung juga diharapkan menjadi acuan dalam jaminan keselamatan penghuni serta lingkungan. “Sehingga dipandang perlu untuk mengeluarkan regulasi ini sesuai dengan kearifan daerah,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s