Bagi Ilmu Adipura

Prestasi Kota Banjarbaru dalam meraih penghargaan Piala Adipura empat kali berturut-turut m emang menjadi satu prestasi. Tak pelak, hal itupun menjadi perhatian DPRD Kotabaru untuk melakukan studi banding ke Kota Banjarbaru agar bisa mengetahui kiat dan mempelajari teknis meraih penghargaan tingkat Nasional itu.

Setidaknya ada sembilan Anggota Komisi III DPRD Kotabaru didampingi dinas terkait dari Kabupaten Pulau Laut berkesempatan berdialog dengan Sekdako Banjarbaru Dr H Syahriani Syahran. Dan didampingi oleh pejabat dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Bappeda, Kabag Humas Setdako Banjarbaru, Tapem dan Dinas PU, di Aula Gawi Sabarataan, Jumat (14/9) kemarin.

Ketua Rombongan DPRD Kotabaru Suhartono mengatakan, pihaknya berkunjung ke Kota Banjarbaru untuk mempelajari kiat untuk mendapatkan Adipura, karena Banjarbaru telah meraih empat kali Adipura. “Kami ingin mengetahui sektor apa saja yang diperhatikan dan bagaimana koordinasinya karena Banjarbaru sering meraih Adipura,” ungkapnya.

Suhartono menyakini untuk meraih Adipura tidak dapat dengan cara instant melainkan persiapan setidaknya setahun sebelum dilakukan penilaian. Kerana itu, pihaknya perlu mengetahui persiapan yang telah dilakukan Kota Banjarbaru selama ini.

Menyikapi pertanyaan itu, Sekdako Banjarbaru Syahriani Syahran menjelaskan, Kota Banjarbaru berhasil meraih empat kali berturut-turut Adipura karena keikutsertaan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan. “Libatkan seluruh elemen masyarakat seperti Forum RT/RW dan pengusaha serta sering mengadakan lomba kebersihan untuk memacu semangat masyarakat dalam menjaga kebersihan,” tuturnya.

Menurut Sekda, komitmen warga Kota Banjarbaru untuk mempertahankan Adipura dibuktikan dalam langkah nyata, berupa kerja keras baik dari Tim Adipura maupun seluruh unsur pendukung, termasuk masyarakat Kota Banjarbaru. “Keseriusan dan semangat yang besar dari seluruh unsur itulah yang menjadi dasar kekuatan untuk meraih Adipura,” tegasnya.

Kunjungan Anggota DPRD Kotabaru ke Kota Banjarbaru ini bukan berarti Banjarbaru lebih hebat, melainkan bertukar pengalaman dan informasi. “Masih banyak yang perlu dilakukan di Banjarbaru dalam penanganan sampah karena itu perlu ditingkatkan,” pungkasnya.

Iklan

One thought on “Bagi Ilmu Adipura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s