Warga Belum Terima

Terkait Keputusan Tim Pembebeasan Lahan Bandara

Carut marut persoalan pembebasan lahan bandara hingga sekarang proses pembayarannya masih berlangsung alot. Sejumlah warga RT 41, 42, dan 43 datang berbondong-bondong ke Kantor DPRD Kota Banjarbaru menyampaikan rasa keberatan mereka dengan ketentuan yang telah dibuat panitia. Mereka yang berjumlah ratusan orang akhirnya mengadakan pertemuan dan berdiskusi bersama di Gedung Bina Satria Banjarbaru.

Salah seorang perwakilan Warga, Sudiono mengaskan, hingga sekarang ia bersama warga Desa Tegal Arum lainnya belum mau melepaskan tanah maupun bangunan untuk melewati proses pembebasan atau ganti rugi pelebaran lahan Bandara Syamsuddin Noor. “Menurut kami Panitia Pengadaan Lahan Pelebaran Bandara yang diketuai Sekdako Banjarbaru Dr Syahriani Syahran terlalu banyak penyimpangan. Hal itu terbukti dengan lambannya proses sampai tidak ada transparansi kepada kami masyarakat yang mana lahannya akan diganti rugi,” ujarnya menyampaikan di tengah forum diskusi, Rabu, (19/9) kemarin.
Selain itu, ia juga menyinggung pihak BPN yang sering memberikan solusi damai antara pihak yang tanahnya bermasalah tumpang tindih. “Namun dalam kenyataannya surat-surat kepemilikan tersebut sampai sekarang tidak pernah diminta oleh tim untuk diteliti kebenrannnya,” katanya.
Menyikapi aspirasi masyarakat tersebut, Ketua DPRD Arie Sophian menjelaskan, pertemuan kali ini adalah lanjutan pertemuan sebelumnya. “Saya kira kali ini merupakan pertemuan lanjuta dari yang seelumnya. Tetapi hasilnya sama saja bahwa panitia tidak bisa mengakomodir keinginan warga,” jelasnya kepada wartawan MK didampingi anggota DPR lainnya.
Dijelaskan Arie, saat ini warga bertahan kepada keputusannya. “Warga meminta ingin bertemu langsung tim. Nah, kita hayalah fasilitator kedua belah pihak ini. Dalam waktu yang secepatnya-cepatnya kita akan mengundang pantia untuk depertemukan dengan wara langsung agar dibuka semua persoalan itu. Sehingga ada solusi tidak terkatung-katung seperti sekarang,” jelasnya.
Ia mengaku akan memperjuangkan aspirasi tersebut. “Kita mungkin tidak tahu persis bagaimana kondoisoi di lapangan. Jika tak ada aral melintang saya akan mencek lapangan dan pada pertemuan selanjutnya mereka pihak warrga harus membawa data yang akurat untuk disampaikan,” pungkasnya.

Iklan

One thought on “Warga Belum Terima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s