Jangan Korbankan Lingkungan Demi Industri

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Satu M Aswan menmyampaikan, pengelolaan sumberdaya alam untuk pembangunan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi jangka pendek. “Tetapi juga karena diperlukan sebagai ketetapan sinergi pengelolaan yang menjamin keberlanjutan, keadilan dan berdaya guna tinggi,” ujarnya ketika Pembukaanm Seminar Nasional fakultas Teknik Unlam, Senin, (24/9) di Gedung Bina Satria Banjarbaru, kemarin.

Menurut walikota,  mengelola sumberdaya alam secara bijaksana berarti senantiasa memperhitungkan dampak kegiatan tersebut terhadap lingkungan serta kemampuan sumber daya untuk menoopang pembangunan secara berkesinambungan. “Maka boleh jadi, ini merupakan tantangan terhadap dampak industri kimia terhadap lingkungan dan sumberdaya alam di kalimantan selatan. Maka dari itu himpunan mahasiswa teknik kimia fakultas teknik prodi teknik kimia Universitas Lambung Mangkurat menggelar seminar ini,” katanya.

Selain itu, kata Ruzaidin, pada sektor industri, terutama industri yang berbasis hasil hutan, pertanian, dan perkebunan, daerah kalsel memiliki potensi yang besar. “Di luar itu, ada industri lain yang juga potensial untuk dikembangkan lebih lanjut, yakni industri kimia dasar dan industri mesin yang menggunakan teknologi tinggi. Hanya saja persoalan investasi dan SDM dirasa masih sangat kurang untuk mewujudkan kemajuan industri tersebut. Maka sudah tentu hal ini memerlukan pemikiran dari berbagai pihak,” jelasnya.

Walikota mengharapkan seminar tersebut menjadi tambahan referensi, wawasan dan pengetahuan dalam hal yang berkaitan dengan industri kimia baik dari sisi potensi, tantangan dan dampak lingkungan dan sumberdaya alam. “Sebab dewasa ini sering terjadi proses industri yang menghasilkan berbagai produk yang dibutuhkan oleh manusia, ternyata harus mengorbankan ekologi dan lingkungan hidup manusia. itu yang harus dipikirkan jangan sampai terjadi,” harapnya.

Sementara itu, ia juga menginginkan seminar tersebut bisa menjadi forum diskusi dan dialog ilmiah berskala nasional yang berkesinambungan. “Sehingga dapat mensinergikan antar elemen masyarakat, akademisi, industri, profesional dan pemerintah dalam mengembangkan industri kimia,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s