Pancasila Masih Sebagai Dasar Negara

Perdebatan tentang Islam baik sebagai ajaran atau gerakan memang tak akan pernah berhenti sampai kapan pun. Begitu pula yang dilakukan para sahabat, sosok yang paling dekat dengan Rasullullah SAW paling tahu banyak tentang Asbab Nuzul Quran dan hadist.

“maka perlu rasanya kita ketahui dengan jelas, Quran mempunyai ajaran tentang kedaulatan negara. Kekuasaan yang diberikan kepada penguasa negara itu sudah diatur cara mempergunakannya dan dibatasi oleh peraturan-peraturan yang diberikan oleh Tuhan sendiri,” ujar Drs KH Sarbani Haira, Ketua PWNU Kalsel sebagai pemateri di acara Focus Grup Discussion, Thema Khazanah Pemikiran Kenegaraan Yang Islami, Senin, (24/9), di Aula Linggangan DPRD Kota Banjarbaru, kemarin.

Forum tersebut setidaknya dihadiri sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan Ormas atau OKP Islam, Pimpinan Ponpes, Tokoh Masyarkat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda lainnya.

Narasumber yang menyampaikan sistem ketatanegaraan Islam modern di berbagai Negara Dr H Majiburrahaman menuturkan, Sebagai konsepsi politik yang mengandung arti pelaksanaan bernegara dalam pemerintahan, negara Islam memiliki sistem politik dengan ciri-ciri seperti, kekuasaan penuh dipegang oleh umat, masyarakat ikut berperan dan bertanggungjawab, Kebebasan adalah hak semua orang, Persamaan di antara semua manusia, Kelompok yang berbeda minoritas juga memiliki legalitas atau asas pluralism, dan Kezaliman (tirani) mutlak tidak diperbolehkan dan usaha meluruskannya adalah wajib bagi semua umat,” katranya ujarnya yang juga dosen IAIN Antasari Banjarmasin.

Dalam konteks Indonesia, katanya, pilihan untuk tidak menjadikan Negara Islam dan menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara merupakan pilihan paling mas lahah. “Mengingat Negara Indonesia adalah Negara dengan keanekaragaman budaya dan masyarakatnya. Yang terpenting adalah nilai-nilai Islam dapat dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s