Dukung Kesetaraan Gender

Staf Ahli Walikota Banjarbaru Firdauz Hazairin mengatakan, persoalan kesetaraan gender nampaknya masih banyak terjadi ketimpangan dalam pelaksanaannya baik di tingkat Nasional maupun daerah. “Kondisi ini tentu dapat kita lihat pada berbagai sektor misalnya pada bidang pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, dan tidak terkecuali di bidang politik,” ungkapnya ketika memberikan sambutan walikota pada Sosialisasi Kesetaraan Gender Dalam Pembangunan, Selasa, (25/9) di Aula Trisakti Banjarbaru, kemarin.

Menurutnya, kesetraan gender sangat penting bagi derajat perempuan dan kedudukan perempuan dalam kehidupan ini. “Agar perempuan sama derajatnya dengan kaum laki-laki. Namun sudah tentu hanya kodrat yang membedakannya. Kalau kita lihat ke belakang ketidakadilan gender merupakan akibat dari budaya patriarkhi yang masih kuat berkembang di masyarakat dan dilanggengkan dalam berbagai kehidupan melalui praktik-praktik nilai-nilai budaya, sosial dan nilai-nilai kehidupan lainnya,” jelasnya.

Hal tersebut, kata Firdauz, telah membawa pembedaan akses, peminggiran, hingga pada kekerasan terhadap perempuan. “Maka dari itu kondisi ketidakadilan gender yang menimbulkan diskriminasi pada perempuan ini harus dirubah dan dihapuskan,” tegasnya.

Di samping itu, ia berpendapat bahwa pemerintah bisa berkomitmen berkomitmen untuk mendorong terealisasinya hak-hak perempuan di semua bidang pembangunan. “Pemerintah kota akan terus respek dan memperjuangkan peningkatan hak-hak perempuan. Tetapi usaha mewujudkan kesetaraan gender tentunya memerlukan waktu dan proses yang panjang. Pemko Banjarbaru telah berupaya melakukan berbagai program dan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada kesetaraan dan keadilan gender seperti sosialisasi tentang konsep gender, peningkatan kualitas perlindungan perempuan, serta pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan  ekonomi keluarga semisal penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan lainnya,” bebernya.

Diharapkannya kegiatan tersdebut bisa memberikan akses control serta perlindungan bagi perempuan. “Agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan dapat mensejajarkan diri dengan kaum laki-laki dalam kehidupan dan pembangunan,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s