Jaga Cagar Budaya

 Sekdako Banjarbaru Dr Syahriani Syahran menuturkan, cagar budaya begitu mempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan. “Maka dari itu keberadaannya harus dilestarikan dan dipelihara dari kepunahan ataupun kerusakan,” ujarnya ketika menyampaikan sambutan walikota pada acara Sosialisasi UU No 1 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya, Rabu, (26/9) di Aula Bapelkes Banjarbaru, kemarin.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah siswa sekolah, guru, lurah, dan beberapa perwakilan dari wilayah yang ada situs atau cagar budayanya. Dikatakan Syahriani, keberadaan benda cagar budaya baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak tersebar di tengah masyarakat. “Tentu tidak lepas dari kondisi dan interaksi dengan lingkungannya. Keadaan inilah yang memungkinkan keberadaan benda cagar budaya tersebut menjadi rentan rusak, hancur, dan musnah,” ujarnya.

Mencegah hal tersebut, menurutnya, perlu ada upaya peningkatan pelestarian. “Artinya ada usaha untuk tetap mempertahankan warisan budaya bangsa yang tersebar di wilayah negara indonesia, maupun yang berada di luar negeri. Salah satunya dengan memperluas pemahaman tentang pelestarian. Tidak hanya sebagai upaya perlindungan tetapi meluas menjadi upaya pengembangan dan pemanfaatan,” paparnya.

Tersebabnt itulah, kata Sekda, mendorong dilakukannya penyusunan undang-undang yang tidak sekedar mengatur pelestarian benda cagar budaya. “Tetapi juga berbagai aspek lain secara keseluruhan berhubungan dengan peninggalan budaya masa lalu, seperti bangunan dan struktur, situs dan kawasan, serta lanskap budaya pada regulasi sebelumnya tidak secara jelas dimunculkan,” tambahnya.

Bagi masyarkat Banjarbaru ia mengharapkan dapat memperluas wawasan tentang caga budaya dan mampu berperan aktif dalam menjaganya. “Terlebih kota Banjarbaru juga memiliki cagar budaya yang wajib dipelihara dan dijaga serta memberikan corak kemajuan khas bagi Banjarbaru sekaligus serta meningkatkan apresiasi seni dan budaya,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s