Jamaah Kab Banjar dilepas Pangeran, Jamaah Kloter 3 Masuk Asrama Sabtu

Jamaah calhaj kolter 2 asal Kabupaten Banjar Emberkasi Banjarmasin yang berjumlah sebanyak 316 orang ditambah 4 orang panitia pembimbingtelah diberangkatkan tadi malam, Rabu, (26/9) sekitar pukul 20.15 Wita menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8102. Dan diperkirakan tiba dini hari tadi, Kamis, (27/9) pukul 03.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Para jamaah yang telah memasuki asrama Selasa malam telah melalui proses cek kesehatan. Dan terkahir sekitar pukul 17.00 Wita dilakukan cek barang menggunakan sensor di Asrama Haji, Landasan Ulin Banjarbaru. Jamaah dilepas langsung secara resmi oleh Bupati Banjar Haji Pangeran Khairul Saleh yang juga didampingi Sekda Kabupaten Banjar Ir H Nasrunsyah beserta perwakilan Dari Depag Kabupaten Banjar lainnya.

Kakanwil Kemenag Kalsel Haji Abdul Halim ketika memberikan sambutan dihadapan para jamaah sangat mengharapkan, seluruh jamaah bisa berangkat dengan sehat dan kembali dengan selamat. “Alhamdulillah 99% dan hampir 100% jamaah Kab Banjar dalam keadaan sehat waalafiat. Kita mengharapkan para jamaah mampu menjaga kesehatan sebaik-baiknya dan fisik jangan terlalu diporsir. Semoga semuanya bernagkat tidak ada ketinggalan dan tidak ada yang malas untuk melaksanakan ibadah arbain di mesjid Nabawi,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar para jamaah bisa meningkatkan kesabaran dalam  dalam melaksanakan ibadah. Dan paling penting sabar dalam batatukar (berbelanja, red). “Baik itu di Madinah atau di Mekah. Karena sebagian securitu di arab pernah mengatakan, Orang Indonesia itu tidak hanya orangnya bisa betianan (hamil, red) tetapi tasnya juga bisa hamil. Jadi jangan sampai ada perselisihan paham apalagi suami istri ketika mengisi tas,” ujarnya diiringi tawa jamaah.

Bupati Banjar Pangeran Haji Khairul Saleh berpesan agart para jamaah calhaj betul-betul bisa memanfaatkan waktu ketika di mekah. “Karena pian-pian berataan orang pilihan. Soalnya banyak orang yang uangnya berlebihan namun justru tidak kepingin naik haji. Ada yang berani terhutang tapi tidak jadi berangkat karena memang tidak diundang. Aplagi yang tidak ada uang sama sekali. Maka para jamaah calhaj ini adalah tamu-tamu Allahj SWT,” ingatnya.

Ia juga berpesan agar para jamaah bisa menjaga nama baik daerah dan nama baik keluarga. “Jadi kalau ada persoalan dengan jamaah lain upayakan sabar. Sesama Sesama jamaah pasti ujiannya sama sesuai kadar kemampuannya. Tetapi tak ada balasan lain selain surge. Kita mendoakan selamat dan pulanng membawa semangat menjadi haji mabrur,” katanya.

Di samping itu, ia juga mengucapkan syukur atas bantuan H Pangeran Heriansyah yang menyumbang jamaah haji berupa beras 5 liter. “Itu inisiatif beliau yang kita ikuti karena meang tidak ada anggaran di pemerintah daerah. Semoga semua kabul hajat sehat dengan mengharapkan ridho Allah,” harapnya.

Salah seorang jamaah, Rusmawardi (60) mengaku sangat bersyikur. “Alhamdulillah. Saya menunggu 5 tahun pemberangkatan ini. Dan ketika cek kesehatan saya sehat. Mudah-mudahan sampai,” ungakpnya.

Menurut jadwal Pemberangkatan dari PPIH, para jamaah calhaj koloter 3 Kota Banjarmasin akan check in ke Asrama Haji pada Sabtu, (29/9) pukul 10.00 Wita dan akan diberangkatkan pada Minggu, (30/9), pukul 09.45 Wita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s