Barbuk Miras dan Sabu Dimusnahkan

Sabu-sabu seberat 21 gram disertai minuman keras (Miras) sejumlah 682 botol yang bernilai juta rupiah dimusnahkan secara bersama-sama oleh jajaran Kejaksaan Negri Kota Banjabraru, Rabu, (3/10) kemari pagi.

Dengan ramai diselingi sorakan para hakim dan sekalian undangan yang berhadir. Begitulah suasana pemusnahan barang bukti kejahatan narkotika dan obat-obatan terlarang di halaman Kejaksaan Negeri Banjarbaru.

Barang bukti sebanyak 682 botol miras tersebut di lindas dengan alat berat. Diantara barang terlarang tersebut yakni yakni jenis obat semisal ekstacy, obat kuat, sebanyak 2.220 jenis obat lainnya yang tidak terdaftar disertai uang palsu yang berjumlah Rp12.660.000.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri (Kasipidum Kejari) Banjarbaru Gunawan Wisnu M SH MH mengungkapkan, gelaran pemusnahan barang bukti jenis narkoba dan miras tersebut merupakan tindak lanjut tim penegak hukum. “Sudah tiga kali kita melakukan pemusnahan dan kali ini untuk 30 perkara, narkoba, miras dan uang palsu,” ujarnya ketika diwawancarai.

Kasat Narkoba Polresta Banjarbaru Iptu Tukiman mengungkapkan, Kasus yang sudah diungkap inkrah yang lebih tahu Kasipidum Kejari Banjarbaru. “Dalam jejang waktu tahun 2012 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2011. Hingga akhir September tadi terdapat sekitar 36 kasus yang mana sebagiannya ada yg di vonis dan inkrah,” paparnya.

Sesuai  dengan UU Narkotika Nomor 35 tahun 2009 dan UU Nomor tahun 2007 ttg psikotropika, ia mengharapkan kemampuan masyarakat umum, jajaran kamtibmas, dan seluruh pihak secara umum bias turut berupaya memeberantas peredaran narkoba. “Kita menginginkan usaha untuk meringkus jaringan narkoba lebih greget dan semangat. Dan paling banyak narkotika jenis sabu yang mendominasi wilayah kita Kalsel dalam ruang lingkungan usia 20 tahun keatas yang berstatus swasta,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, dari analisis, Banjarbaru masuk rangking 4 se-Indonesia dalam hal pengungkapan kasus penyalahgunaar narkotika. “Yang pertama Banjarmasin. Disusul Kabupaten Banjar dan Tabalong.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s