U-Turn Depan Q Mall Akan Ditutup Permanen?

Setelah resmi beroperasi sejak pecan lalu, Q Mall yang terletak di jl A yani Km 36 Banjarbaru kini menjadi sumber kesibukan lalu lintas terutama di JL KM 36 sampai Simpang Empat Banjarbaru. Mengatisipasi akan semakin banyaknya keluar masuk baik itu kendaraan proyek dan kendaraan umum Pihak Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru beserta jajaran Satlantas Polresta Banjarbaru sepakat menutup U Turn dari awal simpang empat sampai SPBU batas kota.

Kasatlantas Polresta Banjarbaru AKP Suparno kepada penulis menuturkan, jikalau jalur titik perputaran jalan atau U-Turn tidak ditutup, maka dipastikan akan menyebabkan penumpukan kendaraan bermotor yang lebih parah. “Kebijakan ini bertujuan bertujuan untuk menghindari crossing di lokasi depan Q mall dan seterusnya sampaik ke simpang empat. Memang harus begitu dan kalau memamgn perlu dipermanenkan. Ini menjawab kebingunan masyarakat pengguna jalan terhadap penutupan U-turn,” katanya ketikan dihubungi hirangputihahabang.wordpress.com, Rabu, (3/10) sore kemarin.

Menurutnya,  dengan ditutupnya sekita 4 titik  U-turn di wilayah itu, para pengendara dari arah Martapura yang ingin memutar di wilayah batas kota atau sebaliknya yang ingin menuju kota harus menempuh jarak sedikit lebih jauh memutar di tugu Simpang Empat kota atau pada U-Turn depa SPBU batas kota.

“U-Turn ditutup dan digunakan untuk satu arah. Untuk jalur dari Martapura ke Cempaka atau Banjarbaru. Tingginya intensitas kendaraan di J A yanki Km 36 tersebut dipicu dengan keberadaan Q Mall. Nah, kita mengharapkan penutupan U-turn ini bisa mencegah crossing antara sesama kendaraan yang berbelok di sana. Dan sejauh ini saya rasa berjalan cukup lancar. Malah sempat diwacankan akan dibangun median jalan permanen menutup U-turn itu,” Tambahnya.

Menanggapi keluhan beberapa pengendar, Suparno menilai masyarakat yang masih belum terbiasa memutar di sana akan terasa sedikit lebih jauh jadinya. “Hanya lantaran tidak terbiasa saja karena baru jalan. Belum lagi sepekan,” tanggapnya.

Pantauan MK di lapangan, terlihat ebberapan para pengguna jalan memang masih banyak yang kebingungan. Hal ini terlihat jelas dengan tingginya tingkat kemacetan ketika melintasi U-turn, terutama pagi dan sore hari. Di salah satu U-turn, petugas tampak berjaga namun pada U-Turn lain tidak ada petugas.

Kabid Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Sirajoni menjelaskan, penutupan U-turn tersebut telah melalui proses manajemen denga segala perhitungan lalu lintas. “Kita menjelang pembukaan Q Mall Jumat lalu. Jadi sekitar 4 titik U turn dari bundaran simpang empat ditutup semua,” jelasnya .

Menurutnya, jalur yang bisa dipakai memang dua lajur. “Tetapi akan terjadi penumpukan jika dibiarkan saja. Waktu rapat sempat disarankan agar nanti dilebarkan. Kesulitannya memang lantaran ketiadaan bahu jalan di lokasi depan Q Mall tersebut. Namun itu wewenang dari Dinas PU. Yang jelas, antrian truk solar di SPBU simpang empat yang mengular hingga batas kota tersebut sudah dialihkan ke terminal sub Simpang Empat,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s