Permudah Searching Arsip, Pustarda Bikin Sistem

Badan Perpustkaan dan Arsip Daerah (Bapustarda) Kota Banjarbaru menggelar Pelatihan Aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru, Selasa, (09/10) di Aula Utama Pustarda Kota Banjarbaru, kemarin.

Kasi Dokumentasi dan Arsip Pustadra Banjarbaru Sartono SE mengatakan, sistem aplikasi tersebut rencananya akan dilaksanakan di seluruh SKPD. “Setidaknya kita berharap bisa mengurangi masalah kearsipan yang selama ini sering tidak ketemu pada saat diperlukan,” jelasnya.

Kepala Pustarada Kota Banjarbaru Hj Nurlianie Dardie kepada hirangputihahabang.wordpress.com Menuturkan, pelatihan tersebut bertujuan agar kulitas pelayanan dan penyajian sumber informasi kearsipan meningkat serta cepat dan tepat. “Kita ingin mempermudah karena arsip daerah sebagai sumber informasi dan data otentik pemerintah. Maka dari itu perlu dikelola dengan sistem yang memadai,” ujarnya.

Menurut Nunung, (sapaannya, red), sistem tersebut sudah dirancang untuk mengendalikan surat/dokumen masuk dan keluar. Serta arsip/dokumen daerah yang informasinya penting dan perlu ditindaklanjuti dilakukan back up data agar saat diperlukan dapat ketemu dengan mudah,” paparnya.

Di sisi lain ia menjelaskan, sistem tersebut belum lagi berfungsi untuk layanan on-line. “Untuk sementara masih off-line. Tetapi ke depan tentu akan dikembangkan secara beratahap mulai dari lokal area (lan) dan on line pada akhirnya,” tambahn Nunung.

Diharapkannya, sistem tersebut menjadi efisiensi pemakaian pemakaian gudang arsip yang ada. “Maka tidak lagi tiap tahun SKPD menganggarkan filling cabinet yang justru menimbulkan pemborosan karena salah pemakaian. Beberapa  SKPD telah memindahkan arsipnya ke kantor Pustarda dan tekah dikelola dengan baik serta dapat disajikan kepada masyarakat yang memerlukan. Di antaranya perizinan IMB, ho, kesehatan, dan lain-lain mulai dari tahun 2005 sudah dapat dicari di kantor pustarda bagi yang perlu,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s