Diskusi Perpres, Walikota Jadi Moderator

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor berkesampatan menjadi moderator atau memimpin Panel Diskusi Apeksi Inpementasi Perpres No 71 Tahun 2012 yang berisi tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum di Bandar lampung, Rabu kemarin.

Kabag Humas Pemko Banjarbaru Drs Aida Yunani mengatakan, isi dari diskusi tersebut berisikan tentang titik terang bagi pembangunan Infrastruktur yang terhenti pasca diberlakukan UU No 2 Tahun 2012. “Jadi disana telah dikemukakan tata cara pengadaan tanah untuk proyek-proyek terkhusus proyek pemerintah daerah. Dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan penyerahan,” ujarnya ketika dihubungi hirangputihhabang.wordpress.com, Jumat, (19/10) kemarin.

Di sisi lain, keluarnya perpres tersebut juga bisa menjamin proses percepatan pengadaan infrastruktur di Indonesia dengan kepastian waktu yang dibutuhkan. “Telah disebutkan dalam dsikusi bahwa proses pembebasan tanah yakni paling lama 583 hari. Rapat Kerja Teknis Apeksi mempunyai beberapa isu stratetgis yakni, Reformasi Agraria, Tumpang Tindih Aturan, Masa Transisi dan enyesuaian, dan Sistem Penganggaran,” ungkapnya menjelaskan.

Dikatakannya, kegiatan tersebut bertujuan membangun pemahaman dan pengaplikasian bersama Perpres No 71 tahun 201, meningkatkan kapasitas pemerinah daerah dalam melaksanakan serta merumuskan rekomendasi terkait pelaksanaan. “Sedangkan para peserta yang terdiri dari kepala daerah serta staf pemerintahan lainnya diharapkan bisa memahami substansi pengaturan Perpres No 71 Tahun 2012, mampu memahami tugas dan fungsinya terkait penyelenggaraan pengadaan tanah, terdapatnya daftar inventaris masalah tentang pelaksanaan Perpres, terbangunnya pemahaman bersama tentang implikasi pelaksanaan Perpres, dan adanya rekomendasi tentang solusi terbaik bagi pelaksanaan Perpres No 71 Tahun 2012. Termasuk pengaplikasian di Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s