Galakkan Pelayanan Kesehatan

Demi menerapkan ketata pemerintahan yang baik, Pemkot Banjarbaru terus melakukan penyempurnaan di berbagai sektor untuk mewujudkan komitmen itu. Plh Sekdako Banjarbaru HM Aswan ketika mennyampakan sambuta Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor menuturkan, sektor kesehatan tentunya menyangkut penyelenggaraan pelayanan publik rumah sakit daerah umum dan puskesmas. “Oleh karenanya sangat dituntut memiliki standar mutu pelayanan dan diterapkan setiap lembaga pelayanan kesehatan. Tersebab pelayanan kesehatan berhubungan langsung dengan kepentingan hidup masyarakat,” ungkapnya, Rabu, (17/10) kemarin pagi.

Menurutnya, tuntutan masyarakat masyarakat saat ini terhadap eksistensi rumah sakit dan puskesmas yang paling krusial adalah masalah mutu pelayanan. “Karena itu upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan harus terus dilaksanakan secara konsisten dengan memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkot Banjarbaru secara bertahap sudah mengupayakan peningkatan kualitas tersebut seperti penilaian akreditasi pada rumah sakit dan pemberian standar mutu pada puskesmas melalui lokakarya pengelolaan pengaduan masyarkat pada RSUD Kota Banjarbaru, Puskesmas Sungai Ulin dan Puskesmas Liang Anggang. “Diharapkan dapat dikembangkan metodologi praktis, murah dan cepat dalam rangka peningkatan mutu pelayanan publik, seperti dalam bentuk metoda manual praktis peningkatan pelayanan publik berbasis masyarakat,” tambahnya.

Aswan menjelaskan, ada beberapa tahapan penggunaan manual praktis peningkatan kualitas pelayanan publik melalui partisipasi masyarakat, yakni diawali dengan melaksanakan lokakarya, melakukan survei pengaduan masyarakat, menganalisis masalah penyebab pengaduan tersebut, dan diakhiri dengan penandatanganan komitmen dan rekomendasi perbaikan pelayanan.

“Saya berharap kepada semua yang terkait dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan di bidang kesehatan agar berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pembenahan dan penyempurnaan sehingga kepuasan masyarakat dapat terpenuhi,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s