Banjarbaru Pasok Hewan Kurban

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kehutanan dan Perikanan Kota Banjarbaru Rosita menuturkan, menjelang hari raya Idul Adha, Kota Banjarbaru saat ini telah menerima distribusi hewan kurban jenis sapi. “Memang sebagian dikumpulkan di Banjarbaru untuk memenuhi kebutuhan daerah sini. Tetapi juga memasok keluar daerah,” ujarnya, Senin, (22/10) kemarin.

Dikatakannya, pasokan hewan kurban seputar Kalsel adalah daerah-daerah di Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan. “Untuk wilayah luar Kalsel yang mendatangkan hewan kurban dari Banjarbaru sebagian di Kabupaten Kapuas dan Kota Palangkaraya dan sekitarnya,” katanya.

Menurutnya, banyaknya pesanan hewan tersebut juga didukung kemudahan arus transportasi darat dari kalsel menuju Banua Anam atau ke wilayah Kalteng. “Hewan kurban terutama sapi didatangkan dari luar pulau seperti Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur dari beberapa jenis seperti sapi Brahman Crossing, Sapi Bali, Limousin, Peranakan Ongole, dan Brahman hingga,” katanya.

Sedangkan dilihat dari sisi harga jual, tergantung dengan permintaan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha yang semakin meningkat. “Harga jual sapi kurban memang bervariasi tergantung jenis dan beratnya. Terlebih lagi menjelang hari raya kurban jadi sangat mempengaruhi pangsa pasar. Semisal Sapi Bali dengan harga terendah Rp7,5 juta sampai sapi jenis Limousin dan Brahman yang mana harganya bisa sampai Rp15 juta per ekor,” paparnya.

Sedangkan untuk jenis kambing, katanya, banyakl didatangkan dari Jawa Timur dengan harga yang juga bervariasi tergantung besar kecilnya dan fluktuasi harga pasaran menjelang idul kurban. “Sebelum sapi atau kambing kurban disebar untuk disembelih, pihak dinas terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban oleh dokter hewan dibantu petugas medis. Kit menginginkan agar hewan kurban dimaksud bebas dari penyakit sebelum dikurbankan,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s