Galakkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor mengatakan, Lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan bisa menjadi dorongan bagi anggota PKK dan masuarakat agar lebih intens memanfaatkan lingkungan lahan pekarangan dengan berbagai tanaman yang bermanfaat. “Dalam hal ini Pemko Banjarbaru menaruh perhatian besar terhadap pembangunan di sector pertanian. Dan Alhamdulillah berbagai program yang telah direncanakan dapat bersinergi dengan kegiatan atau program sektor lain seperti dengan kegiatan perkebunan PKK dan Pokja 3 kebun PKK,” tuturnya dalam sambutan yang disampaikan Wakil Walikota Ogi Fajar Nuzuli, Senin, (5/11) di Kebun Sayur Bina Marga Kelurahan Guntung Payung Landasan Ulin, kemarin.

Menurutnya, sudah sepantanya kegiatan yang bertema lingkungan tersebut mendapat dukugan. “Semua kader PKK, Anggota PKK/Dasa Wisma dapat memafaatkan pekarangan. Dan salut kepada Dasawisma Anggrek 6 dan Bougenville Kelurahan Guntung Payung karena telah melaksanakan pemanfaatan lahan pekarangannya dengan baik,” ungkapnya.

Di samping itu, pemanfaatan pekarangan tak hanya untuk bercocok tanam saja, jelasnya. Tetapi juga bisa untuk beternak atau memelihara ikan. “Bertanam bisa sayuran, buah-buahan atau tanaman obat seperti empon-empon yang bisa diolah menjadi minuman herbal. Peternakan bisa dimulai dari ayam, bebek dan perikanan. Keuntungannya selain tersedianya kebutuhan pangan sehari hari seperti kebutuhan sayuran serta buah -buahan, juga dapat menghemat pengeluaran dana biaya kebutuhan setiap hari. Dengan menghemat pengeluaran keuangan maka keluarga dapat menyisihkan sedikit dananya untuk ditabung,” terangnya.

Sementara permasalahan yang sangat mendasar terkait dengan pola konsumsi masyarakat sangatlah minim. Ogi mengatakan masih kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kesadaran serta motivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan. “Padahal, potensi sumber pangan lokal cukup beragam dan relatif banyak tersedia. Karena itu perlu untuk lebih mengkampanyekan penganekaragaman pangan lokal melalui pemanfaatan pekarangan rumah,” pungakasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s