Tak Hanya Gedung, Penampungan Air Juga Dibangun

Terkait Kekhawatiran Warga Terhadap Lokasi Sport Center

Hiruk pikuk persoalan penetapan lokasi pembanguna  sport center tak hanya memberikan dampak kepada penduduk sekitar yang keberatan. Tetapi juga menjadi perhatian bagi sejumlah pemerhati lingkungan. Salah satunya Direktur Eksekutif Walhi Hegar Wahyu. Seharusnya kata Wahyu, ada kebijakan yang diberika pemerintah prov Kalsel dengan adanya polemic tersmaksud. “Kita berharap adanya tranparansi kajian-kajian teknis yang sudah dilakukan mereka agar kita masyarakat juga mengetahui,” ujarnya.

Meski demikian, ia tidak meragukan teknologi canggih yang saat ini kian berkembang. “Tetapi lebih baik lagi Pemprov mempertahankan kondisi alamiah sebagai antisipasi seperti bencana alam,” katanya. Menurutnya, hasil pengkajian teknis tersebut harus dilengkapi dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis atau yang biasa disebut dengan KLHS. “Atau Analisa mengenadi dampak lingkungan (Amdal) meskpun menurut tata ruang sudah pas,” tegasnya.

Sebelumnya kepala Bappeda Kota Banjarbaru Said Abdullah menekankan bahwa lokasi sudah seuai dengan konsep tata ruang Kota Banjarbaru. “Tetapi proses pengurukan juga harus dipastikan apakah berdampak buruk kepada lingkungan atau tidak. Tersebab sejumlah kawasan air tidak mungkin dibiarkan tetapi harus dikelola sedemikian rupa menghindari hal-hal buruk untuk jangka panjang,” katanya.

Ia menilai kekhwatrian masyarkat sekitar lokasi penetapan terlalu berlebihan. “Sebenarnya pemanfaatan lahan tidak untuk sport center saja. Tetapi dibarengi dengan dibangun penampungan air berfungsi menjadi tempat olahraga air. Jadi tidak seluruhnnya gedung,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s