e-KTP Banjarbaru Mulai Dibagikan Bertahap

Saat ini sudah ada hampir 58.870 jumlah e-KTP yang sudah ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Banjarbaru. Dan mulai dibagikan Selasa, (5/11) kemarin. Kabid Kependudukan Disdukcapil Dedy Sutoyo didampingi Kasi Kepnedudukan Supriyadi menuturkan, pihaknya sudah memilah-milah sebagian data yang memang sesuai dengan warga yang telah menerima undangan. “Untuk seluruh kecamatan jumlahnya 58 ribuan. Tetapi memang datangnya tidak sekaligus. Namun bertahap. Saat ini pembagian sudah berjalan di Kecamatan Banjarbaru Utara dan sebagian mungkin di Kecamatan Banjarbaru Selatan. Dua kecamatan laiunya segera menyusul,” ujarnya kepada hirangputihhabang.wordpress.com.

Menurutnya, sistem pengelolaan pembagian secara teknis telah diserahkan ke bagian kecamatan. “Seapa ada e-KTP yang sudah diterima sejumlah itulah dulu yang dibagikan. Biasanya sudah dikelompokkan sesuai dengan RT dan Kelurahannya,” terang Dedy.

Hampir seluruh masyarakat yang memang telah melakukan perekaman sudah menerima undangan untuk pengambilam. “Undangan sudah sampai per individu. Jadi sudah jelas keberadaan barangnya (e-KTP, red) dan pemilik barang tersebut. Soal teknis pembagian tergantung pegawai kecamatan. Ya kalau perkiraan jika dalam sehari mampu membagi 300 buah tentu jumlah 58 ribu itu bisa dijelaskan dalam beberapa bulan ke depan. Tapi perkiraan itu tetap tergantung berapa penduduk yang datang untuk segera mungkin mengambil e-KTPnya,” tambah Dedy.

Sebagaimnana prosedur yang telah diterangkan, warga yang ingin mengambil e-KTP harus melakukan proses sidik jari kembali dan menyerahkan KTP lama. “Kita cukup melihat antusias masyarkat di hari pertama ini. Setidaknya tidak sampai berebut dan tertib. Karena dari RT juga sudah tentu menjelaskan teknis ini. Pun jikalau yang diundang tidak bisa datang, tentu bisa di hari lain meski kita tidak menyarankan kepada warga untuk menunda-nunda,” imbaunya.

Camat Banjarbaru Utara Drs Abdul Basid disertai Kasi Pemerintahan Kecamatan Banjarbaru Utara Bambang Panca S menjelaskan, pelayanan untuk pengambilan e-KTP tersebut di Kecamatan Banjarbaru Utara berlangsung sampai hari Sabtu. “Jumat sore pun mestinya libur kami melayani pembagian. Target memang dalam sehari kita usahakan bisa membagi 300 e-KTP. Tetapi nyatanya hari ini (kemarin, red) hingga pukul 16.00 Wita kita baru bisa bagikan e-KTP sebanyak 289 buah,” ucapnya kepada hirangputihhabang.wordpress.com sore kemarin.

Menurutnya, kalau dalam satu hari tiap kecamatan mampu membagian 300 buah e-KTP maka dalam beberapa bulan ke depan tentu bisa mencapai target ke seluruhan. “Tinggal lagi masyarakatnya kita langsung mengundang kepada pemilik yang memang barangnya sudah ada di kecamatan,” ujarnya.

Diterangkan Basid, saat ini kecamatan Banjarbaru utara sudah melakukan perekaman sekitar 21 ribu an. “Dan kita dari Kecamtan punya cara sendiri untuk mempercepat pembagian dan tidak membuat warga mengantri terlalu lama. Ada 7516 jumlah undangan yang kita bagikan khusus warga Kelurahan Loktabat Utara. Dan data mereka juga diurutkan sesuai Abjad untuk mempermudah pengambilan saat nama dipanggil,” ujarnya.

Maka setelah itu, kata camat, barulah menyusul Kelurahan Sungai ulin dan yang lainnya. Ia mengimbau kepada seluruh warga agar sesegera mungkin datang untuk mengambil e-KTP bagi yang sudah menerima undangan. “Jadi silakan warga yang sudah mendapat undangan sesuai dengan jadwalnya untuk datang ke kantor kecamatan mengambil e-KTP ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: